BANDUNG , – IKIP Siliwangi menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia dengan tema ” Wirausaha Literasi Industri Kreatif ” , Rabu (12/12/2018).

Dengan menghadirkan pemateri yaitu Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd (Guru Besar Universitas Sebelas Maret), KOMBES POL. Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K. (Kabid Humas Polda Jabar), AKBP Dr. Rusman SH,M.H ( Kabagbinopsnal Ditreskrimsus Polda Jabar) dan Bambang Triamsyah (Praktisi dunia penerbit).

Acara dibuka oleh Rektor IKIP Siliwangi Dr. H. Heris Hendriana M.Pd yang memaparkan bahwa literasi bukan sebatas kegiatan membaca, akan tetapi sudah menyangkut banyak hal seperti literasi teknologi, literasi budaya dan literasi keuangan.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K. memaparkan bahwa kecerdasan literasi adalah apabila mampu menyikapi berita hoax di media sosial.

Disampaikan pula oleh Kabid Humas Polda Jabar, bahwa data jumlah pengguna hand phone dan medsos yang ada di Indonesia adalah pengguna medsos yang aktif dan berperan serta dalam proses penyebaran informasi.

Berita Hoax muncul dilatarbelakangi oleh empat faktor yaitu ekonomi, ideologi, provokasi dan lelucon.

Berita bohong atau fake news akan terkena Pasal 15 UU No.1 Tahun 1946 dengan sanksi 2 tahun penjara. Termasuk ujaran kebencian , pencemaran nama baik melalui media elektronik akan dikenakan UU ITE.
(RJ/ Humas Polda Jabar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here