JAKARTA, SJN,-Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan tidak mempersulit pemilih dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

“Bagi pemilih yang akan mencoblos di lokasi yang bukan domisilnya bisa menggunakan formulir A5 atau surat pindah memilih”.

Secara resmi memang yang diminta itu e-KTP. Tapi memang di beberapa tempat memang menanyakan salinan KK juga, untuk memastikan KTP elektroniknya asli apa enggak. Itu bagian dari teman-teman kita untuk memastikan bahwa KTP Tidak palsu, maka sering diminta juga fotokopi KK, kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di Bawaslu, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Pramono mengungkapkan, KPU sudah membuka layanan mengurus formulir A5. Menurutnya, masyarakat bisa mendatangi kantor KPU terdekat pada 17 Februari 2019 hingga 17 Maret 2019.

“Diupayakan untuk datang sendiri. Toh kan juga bisa datang ke KPU tujuan. Enggak harus ke tempat asal. Ya bisa langsung ke KPU tujuan. Untuk tahap pertama kami akan fokus sampai 17 Februari. Tapi nanti tetap dimungkinkan sampai 17 Maret. Karena undang-undang kan membatasi sampai 30 hari sebelum hari pemungutan suara,” terang Pramono (Bg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here