JAKARTA,Suara Jabar News. Com,– Mendagri RI Tjahjo Kumolo menegaskan, bahwa KPU RI merupakan lembaga independen yang dapat diawasi semua pihak. Karena itu, semua elemen masyarakat yang tidak puas dengan hasil Pemilu 2019 bisa menyampaikannya lewat jalur konstitusional, bukan dengan gerakan people power.

“Kita harus percaya kepada KPU yang penuh tanggungjawab yang kinerjanya diawasi semua pihak, sehingga KPU sebagai lembaga independen, mandiri sebagaimana ketentuan UU, bagi yang tidak puas misal, ya sampaikan melalui jalur konstitusional yang ada dan terbuka bagi siapapun,” ujar Tjahjo kepada awak media Sabtu (27/4/2019).

Terkait Duet Jokowi-KH Ma’ruf Amin Unggul Sementara di Tingkat Kecamatan di Kota Batu
Ternyata KPU RI Pernah Ajukan Asuransi Kesehatan Petugas KPPS tapi Ditolak
KPU RI Apresiasi Kepedulian Masyarakat terhadap Petugas KPPS yang Bertugas
Penyelenggara Pemilu 2019 Berjatuhan, Ini Kata Kepala Dinas Kesehatan Lamongan
Kata dia, penyelenggaraan Pemilu Serentak 17 April kemarin, dapat berlangsung demokratis, jujur dan tertib berkat kinerja KPU dan Bawaslu, serta partisipasi semua pihak.

Baik itu, pasangan capres-cawapres, caleg, partai politik, tim sukses, Polri/TNI, sampai petugas KPPS dan saksi-saksi di TPS seluruh Indonesia.

“Walaupun saya sebagai Mendagri dan atas nama pemerintah sangat prihatin banyaknya musibah anggota KPPS dan anggota Polri serta TNI yang wafat karena tanggungjawab yang berat di lapangan,” imbuh Menteri asal PDI Perjuangan itu.

Peristiwa tersebut, lanjut Menteri Tjahjo tentu menjadi catatan evaluasi pemerintah. Pihaknya, bersama stakeholder terkait akan segera membahasanya pasca seluruh tahapan Pemilu Serentak 2019 selesai diselenggarakan. “Hal ini tentunya akan menjadi catatan evaluasi pemerintah,” paparnya.

Namun yang pasti tegas Tjahjo, semua pihak seharusnya percaya terhadap KPU dan Bawaslu yang telah sukses menyelenggarakan Pemilu 2019 secara demokratis, jujur dan tertib. “Bagi yang tidak puas misal, ya sampaikan melalui jalur konstitusional yang ada dan terbuka bagi siapapun.” tandas Mendagri RI Tjahjo Kumolo. (Sumber : TI *)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here