Suara Jabar News. Com,- Semenjak kepeompinan pasangan Walikota Depok KH, Muhammad Idris dengan Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna bersama Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok sedang gencar sosialisasikan Depok sebagai kota layak anak.

Hal itu tentu kerja keras kebersamaan antara pemetintah dengan masyarakat mulai dari tingkat RT/RW di seluruh kelurahan dan kecamatan untuk membantu terwujudnya Depok sebagai, “Kota Layak Anak” (KLA).

Keberadaan Forum Anak Depok perlu dibentuk hingga setiap di tingkat level RT/RW.

Untuk pemenuhan program pembangunan kebutuhan sarana dan prasarana sebaiknya di usulkan dari masyarakat atau pihak keluarga yang bersangkutan.

Artinya, forum anak merupakan antisipasi atau deteksi.dini terhadap aktivitas anak, agar dapat memenuhi hak kewajiban serta kepedulian kita terhadap perkembangan pergaulan anak.di bawah umur.mulai dari usia 5 tahun keatas yang.perlu pembinaan dari keluarga hingga remaja

Untuk.menunjang sarana dan.prasarana forum.layak anak dibutuhkan.partisipasi warga masyarakat, terutama bagi pihak keluarga.

Mengingat, forum layak anak di kota depok telah berjalan dan dirasakan maanfaatnya oleh masyarakat masih perlu ekstra full time.

Forum anak juga dapat berfungsi untuk menyalurkan bakat anak hingga.berprestasi.

Upaya mencapai target predikat Kota Layak Anak.

Walikota Depok KH.Mohammad Idris sampaikan bahwa, “Secara pribadi maupun Pemerintah sangat mengappresiasi sekali atas terselenggaranya acara ini yang mempunyai nilai strategis bagi anak Bangsa, dimana persoalan-persoalan sosial dan spiritual relatif sensitifitas sebagai manusia itu agak kurang beda dengan kebutuhan-kebutuhan phisicly,” papar Idris.

Seperti halnya persoalan yang dihadapi anak-anak kita saat ini dirasakan sangat terenyuh atas kejadian yang menimpanya, tetapi hal ini tidak cukup hanya trenyuh, bersedih dan terharu namun ada tindakan nyata melakukan langkah -langkah strategis pada masa yang akan datang untuk anak-anak kita ini, seperti halnya kata pujangga “orang tua tidak cukup hanya mencintai anak-anak, tetap bagaimana anak -anak merasa dicintai oleh orang dewasa,” Idris menyrbutkan.

Pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Depok saat ini sebagai fasilitator akan terus dan sudah berkomitmen untuk menjadikan Kota Depok, warga masyarakat, lembaga-lembaga institusi menjadi layak atau Ramah Anak seperti halnya Sekolah atau Pesantren layak anak apa saja hak dan kebutuhan serta perlindungannya dan bagaimana kita menciptakan keceriaan, kebahagian dalam proses belajar dan terlebih dilingkungan sekolahnya,” ujarnya Walioota Depok Muhammaf Idris.

Dikatakannya, dari Kementerian memberikan indikator-indikator capaian Kota layak anak ini adalah sebagai media motivasi agar bisa meningkatkan kualitas maupun prestasi kerja kita dan semuanya ini tidak hanya tanggung jawab Pemkot saja namun seluruh stake holder turut serta menjaga dan terlibat serta merawat untuk menjadi Kota layak anak, karena awal pendidikan adalah awal dari segalanya,” katanya Walikota Depok pada acara gerakan perlindungan anak melalaii workshop pembentukan sekolah dan.pesantren ramah anak demi terwujudnya depok dan predikat sebagai kota layak anak yang diprakarsai oleh DPAPMK diruang Teratai Lantai I Gedung Balai Kota selasa ( 19/ 3/2019 ) lalu. (YUN/BENNY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here