DAERAH Gresik, Suara Jabar News.Com – Menyambut Hari Bayangkara, Ribuan warga Gres8k depan Gedung WEP (Wahana Ekspresi Poesponegoro), Jl. Jaksa Agung Suprapto, Gresik ini tak seperti biasanya, yang kali ini dipadati masyarakat dari berbagai penjuru. Mereka biasanya bersama keluarga hanya sekedar santai seperti senam dan kegiatan lainnya.

Kebetulan pada Minggu (16/6/2019) sekitar pukul 05.30 WIB, Kepolisian Resort Gresik mengadakan jalan sehat dalam rangka Hari Bhayangkara – 73. Sedang tema Hari Bhayangkara “Dengan Semangat Promoter Pengabdian Polri Untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara”.

Jalan sehat dalam rangka Hari Bhayangkara ke-73 dilepas langsung oleh Dandim 0817 Gresik Letkol Inf. Budi Handoko, S.Sos dan Bupati Gresik DR. IR. H. Sambari Halim Radianto, ST, M.Si, Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro, SH, SIK, MSi bersama Forpimda kab. Gresik di depan Gedung Wahana Ekspresi Seni dan Olah Raga Kabupaten Gresik.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro sampaikan, tujuan Jalan Santai ini selain peringati HUT Bhayangkara ke-73 th juga dalam rangka menjalin keakraban, kebersamaan, persaudaraan dan memupuk tali persatuan dan kesatuan bangsa Pasca Pemilu Serentak 2019 serta mengawal PHPU sidang Mahkamah konstitusi tanpa Kerusuhan. Saat Pemilu baik Pileg maupun Pilpres tentunya pada saat Pemilu 2019, masyarakat kita terpolarisasi pendukung 01 dan 02. Oleh karena itu Polres Gresik bersama Forkopimda Gresik bersinergi dengan masyarakat menggelorakan kembali 03 yaitu Persatuan Indonesia.

“Mari bersama – sama kita jaga kondusifitas kab Gresik, melalui kegiatan jalan santai ini kita harapkan terjalin kembali kebersamaan, keakraban, tapi persahabatan dan persaudaraan diantara sesama, pemilu sudah selesai lupakan 01 dan 02 tapi mari kembali ke 03 yaitu Persatuan Indonesia” terang AKBP Wahyu.

Dalam sambutan Kapolres juga menyampaikan beberapa kasus yang terjadi Pasca Pemilu tanggal 17 April 2019, tanggal 21- 22 Mei telah terjadi aksi kerusuhan di Jakarta yang memakan sejumlah korban meninggal dunia dan berimbas didaerah lain seperti Pontianak Kalbar, Jatim khususnya adanya pembakaran Polsek Tambelangan di Sampang Madura yang saat ini sudah ditangani oleh Polda Jatim dengan menangkap sejumlah pelaku. saat ini sedang proses sidang PHPU di MK dimana tanggal 14 Juni 2019 telah di selenggarakan sidang perdana PHPU di MK sampai dengan keputusan Sidang MK tanggal 28 Juni kedepan oleh karena mari kita kawal sidang PHPU MK tanpa aksi Kerusuhan.

“Demi kelancaran proses sidang mari kita mengawal sidang PHPU di MK dengan menolak segala bentuk aksi kerusuhan, maka dari itu kami Forkopimda bersama masyarakat Kabupaten Gresik mendeklarasikan tolak kerusuhan, Jatim bersatu Menuju Indonesia Damai, #Jogojawatimur, #jogoGresik.

Insya Allah dengan Deklarasi kita bersama Kabupaten Gresik Aman, JATIM Aman, dan sidang PHPU MK aman tanpa adanya Aksi kerusuhan”, tandas Kapolres Gresik.

Sementara itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto serta Wabup Gresik M.Qosim menyatakan sebagai kepala daerah pihaknya akan terus bersinergi dengan Polri, TNI serta jajaran terkait dalam menjaga kondusifitas wilayah kab Gresik.

“Pemilu serentak 2019 dan pasca Pemilu 17 April lalu di kab Gresik tetap kondusif dan aman. Gresik sebagai kota Wali dan kota santri dari dulu aman dan mari kita semua mendoakan agar Presiden yang terpilih adalah pilihan Rakyat Indonesia, Semoga dapat membawa bangsa ini lebih maju dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia,” ucap Sambari.

Acara juga diisi dengan Deklarasi Tolak Kerusuhan, Dipimpin Kapolres Gresik bersama Forkopimda Gresik “Untuk menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Gresik, maka kami seluruh elemen masyarakat Kabupaten Gresik sepakat untuk menyatakan sikap bersama sama menolak kerusuhan. Demikian pernyataan ini kami buat sebenar benarnya dengan kesadaran dan penuh rasa tanggung jawab serta tanpa ada paksaan dari pihak manapun sebagai wujud manifestasi moral yang menguatkan komitmen dan konsisten bersama”.

Kegiatan dilanjutkan dengan jalan santai dan senam bersama serta pembagian door prize dengan undian utama Sepeda Motor.

(Humas Polres Gresik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here