DEPOK, Suara Jabar News. Com,– Pemerintah Kota Depok gencar sosialisasi program membangun keluarga sejahtera melalui Keluarga Berencana (KB) di setiap Kelurahan.

Terpilihnya RW 011 menjadi Kampung KB atas dasar terpenuhi dari sisi jumlah penduduk dengan, adanya sinergi antara kelompok di lingkungan tersebut.

Lurah Tugu Abdul Mutholib, menyampaikan di RW 011 kegiatan UPPKS dan ramah anaknya berjalan baik disini, sehingga ditetapkan menjadi Kampung KB di Kelurahan Tugu, Cimanggis Depok.

Dalam Laporannya pada acara Louncing Kampung KB di RW 011 Kelurahan Tugu, Cimanggis, oleh Walikota Depok KH Mohamad Idris hari Sabtu (14/09/2019).

Abdul Mutholib jelaskan, Kampung KB di RW 011 kelurahan tidak hanya menangani Keluarga Berencana saja, melainkan aspek lainnya juga dilayani.

“Di Rw 011 juga dilakukan kegiatan perekonomian warga melalui UMK, termasuk pengembangan Budaya Tari Tradisional dan sebagainya” tutur Abdul Mutholib.

“lingkungan yang ramah tentu ditandai dengan membuat Taman Bacaan Anak-anak, kemudian pentingnya aktivitas keluarga lainnya,” imbuhnya.

“Semuanya ini dalam rangka membangun keluarga sejahtera di RW yang mampu memahami arti kehidupan keluarga,” tandasnya.

“Ujungnya nanti, memang membangun Ketahanan Keluarga yang sejalan dengan program pemerintah kususnya di Kota Depok, yakni Ketahanan Keluarga atau Ramah Keluarga, yang mau terwujudkan di sini.” lanjut Abdul Mutholib.

Dia juga katakan, semua ini tidak semudah membalikkan tangan, karena ada tantangannya.

Sementara itu sambutan Walikota Depok KH Mohamad Idris mengatakan, pentingnya membangun sinergisitas dengan seluruh elemen.

Idris juga berharao, RW. 011 dapat berkolaborasi dengan para tokoh masyarakat, tokoh Agama, kalangan profesional serta terhadap stake holder lainnya.” himbau idris.

Debab, keberadaan kampung KB ini akan berimbas terhadap warga untuk membangun ketahanan keluarga.” ujarnya.

Acara yang mengangkat tema
”Bersama Membangun Kampung Ramah Keluarga” tersebut, dihadiri Dinas PAPMK, Camat Cimanggis, Eman Hidayat, Lurah Tugu, Abdul Mutholib, serta para Lurah dan Ketua LPM se Kecamatan Cimanggis, Sabtu (14/9).

Labih lanjut Wali Kota Depok Mohammad Idris jelaskan,” Program Keluarga Sejahtera bertujuan untuk mewujudkan kelurga kecil yang bahagia dan sejahtera dengan melaksanakan delapan fungsi keluarga.”

Sedangkan Ketua Rw 011 Kelurahan Tugu yang dipimoin Ahmad Asmawi itu ditetapkan sebagai Kampung KB. yang merupakan penghargaan sekaligus tantangan.

Dalam pelayanan Kampung KB di RW 011 yang ditangani oleh dua Bidan yang selalu berkoordinasi dengan Puskesmas.

“Ada dua Bidan dan seorang Dokter yang melayani kesehatan warga.”

Di RW 011 Kelurahan Tugu, meliputi sembilan (9) RT dengan jumlah 2 ribu orang , cukup lumayan banyak.

Louching Kampung KB di RW 11 Kelurahan Tugu Kecamatan Cimanggis ditandai dengan pameran produk UKM dan kerajinan tangan
dari keluarga yang disaksikan Walikota Depok.(Yun/Bg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here