SUKABUMI, Suara Jabar News. Com,- Sebanyak 240 Kepala Desa (Kades) Terpilih Hasil Pilkades Serentak Tahun 2019 Se-Kabupaten Sukabumi, melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan Warungkiara, Rabu 11/12/2019.

Kegiatan ini merupakan program dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa bekerjasama dengan Batalyon ARMED 13 – KOSTRAD.

Dalam sambutan Kalapas Warungkiara (RM. Kristyo Nugroho) mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sukabumi yang telah menunjuk Lapas Warungkiara sebagai tempat visitasi sekaligus memberi pembekalan bagi kepala desa terpilih dan apresiasi bagi desa yang mendapat penghargaan “Anubhawa Sasana Desa” dari Menteri Hukum dan HAM beberapa waktu yang lalu ucapnya Kalapas.

Acara yang dihadiri oleh Kepala Dinas PMD kab. Sukabumi dan Pasi Ops Yon Armed dimaksudkan, adalah untuk memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa Lapas bukanlah “neraka dunia”, melainkan tempat pembinaan bagi para pelanggar hukum, agar setelah bebas dapat membaur dengan masyarakat serta berperan aktif dalam pembangunan dan tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum uraianya.

Kalapas juga mengingatkan bahwa warga binaan yang ada di Lapas Warungkiara sebagian besar adalah warga kab. Sukabumi, sehingga kepala desa juga memiliki tanggung jawab memberi pembimbingan dan pembinaan setelah mereka bebas.

Merupakan salah satu persyaratan bagi warga binaan yang akan diusulkan cuti bersyarat maupun pembebasan bersyarat harus ada surat jaminan dari pihak keluarga, yang diketahui dan ditanda tangani oleh kepala desa setempat imbuhnya.

“Saya berharap para kepala desa terpilih dapat menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan Stakeholder terkait, guna kelancaran pelaksanaan tugas, sehingga pembangunan desa dapat turut mensukseskan pembangunan nasional”, ujar RM. Kristyo.

Acara dilanjutkan dengan silahturahmi sekaligus meninjau lokasi area peternakan terpadu yang terdapat di Lapas Warungkiara. (Benny)

Sumber : Humas lapas Sukabumi – Deddy rizqy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here