JAKARTA, SJN.Com, – Prajurit Pasukan Khusus bukanlah tentara biasa. Mereka adalah orang-orang pilihan untuk melakukan operasi terberat dan paling rumit di dunia.

Militer Indonesia Masuk Daftar yang Terkuat di Asia, Mengungguli Malaysia dan Singapura
Sebuah organisasi internasional untuk keamanan dunia, NATO, menggambarkan mereka sebagai “kegiatan militer yang dilakukan oleh pasukan khusus yang ditunjuk, diawaki dengan personel pilihan, menggunakan taktik yang tidak konvensional.”

COMMERCIAL BREAK
CLICK TO EXPOSE
Unit-unit tersebut jelas melampaui e militer normal.

Salah satu negara yang memiliki pasukan elit seperti itu adalah Indonesia, dan tim tersebut masuk dalam daftar pasukan khusus yang tangguh dari seluruh dunia, seperti dikutip dari Icepop.com, Jumat (27/12/2019):

  1. SAS Inggris

Ketika pasukan khusus diperkenalkan pada awal abad ke-20, mereka belum menonjol dan tersebar luas sampai Perang Dunia II. SAS Inggris adalah salah satu yang pertama.

SAS Inggris (Special Air Service) diciptakan pada tahun 1941 selama Perang Dunia II dan dimulai sebagai resimen sebelum menjadi korps atau unit militer. Mereka menjadi sangat terkenal pada tahun 1980 karena menyelamatkan sandera selama pengepungan Kedutaan Besar Iran, yang disiarkan televisi.

Pasukan khusus itu masih aktif hingga hari ini, bekerja keras dalam penanggulangan terorisme.

  1. Army Ranger Wing Irlandia

Unit pasukan khusus ini dibentuk di Irlandia pada tahun 1980, untuk menangani terorisme tetapi akhirnya bercabang ke operasi khusus dan telah terlibat dalam banyak misi pemeliharaan perdamaian internasional.

Army Ranger Wing merekrut dari Angkatan Darat Irlandia, Angkatan Laut, dan Korps Udara, di mana prospek harus lulus sejumlah tes fisik dan mental. Pada dasarnya, jika Anda tidak tangguh dan tidak bisa mengatasi stres yang ekstrem, Anda tidak bisa menjadi bagian dari unit ini!

  1. Pasukan Khusus Prancis

Mereka dikenal sebagai COS (Commandement des Opérations Spéciales). Unit ini dibuat pada tahun 1992, setelah Perang Teluk. Mereka dilatih dalam kesiapsiagaan, yang berarti mereka dapat beraksi pada saat yang bersamaan!

Mereka dioperasikan oleh Komando Operasi Khusus dan orang-orang di Paris telah melihat mereka lebih jelas sejak gelombang serangan teroris Eropa baru-baru ini. COS berpusat di Pau, Pyrenees-Atlantiques dan terdiri dari personel Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

  1. JTF2 Kanada

Dulunya adalah satuan pasukan khusus Inggris yang mengilhami Kanada untuk melakukan pembentukan unit serupa. Salah satu pasukan terbaik mereka adalah Joint Task Force 2 (JTF2) dari Angkatan Bersenjata Kanada.

JTF2 bermarkas di Dwyer Hill, dekat Ottawa, Ontario dan mereka berspesialisasi dalam perang nuklir, kimia, biologi, radiologi, dan nuklir, tetapi utamanya berfokus pada anti-terorisme. Kami tidak tahu banyak tentang operasi mereka karena sebagian besar dari mereka diklasifikasikan dan pemerintah tidak banyak berbicara tentang mereka!

  1. Angkatan Laut Komando Perancis

Ini adalah unit pasukan khusus Prancis lain dan merupakan bagian dari Angkatan Laut Prancis. Mereka terutama beroperasi di luar Brittany di Prancis Barat Laut. Unit ini dibuat sekitar waktu yang sama dengan pasukan khusus Inggris dalam Perang Dunia II.

Merupakan salah satu unit pasukan khusus tertua di dunia. Commandos Marine terdiri dari sekitar 650 tentara dan mereka memiliki nama panggilan Bérets Verts (Green Baret), mengacu pada topi yang mereka kenakan.

  1. Shayetet Israel 13

Shayetet 13 dari Angkatan Laut Israel adalah salah satu unit pasukan khusus utama Angkatan Pertahanan Israel dan salah satu yang paling tertutup. Sebagian besar misi mereka sangat rahasia, tetapi meskipun demikian, mereka dianggap sebagai salah satu pasukan khusus terbaik di dunia.

Moto mereka adalah “saat kelelawar muncul dari kegelapan, saat pisau memotong dengan diam, seperti granat menghancurkan dalam kemarahan” dan mereka menjadi sosok kuat. Mereka yang bergabung dengan pasukan harus bertahan setidaknya selama empat tahun dan pelatihan termasuk Krav Maga, ilmu bela diri yang mengajarkan mengubah tangan kosong mereka menjadi senjata.

  1. Spetsnaz Rusia

Mereka yang bermain “Call of Duty” atau telah melihat film seperti “Hitman” dan “Predators” telah mendengar tentang pasukan khusus Rusia, Spetsnaz. Mereka sama kuatnya dalam kehidupan nyata seperti yang terlihat di layar!

Spetsnaz sebenarnya adalah istilah umum untuk pasukan khusus Rusia dan digunakan untuk menunjukkan unit militer khusus yang dikendalikan oleh badan intelijen militer GRU. Mereka aktif di banyak tempat di sekitar bekas Uni Soviet.

  1. Navy Seals

AS memiliki salah satu militer terbesar di dunia dan salah satu unit terpentingnya adalah Navy Seals.

Seals singkatan dari “Sea, Air, and Land.” atau “Laut, Udara, dan Darat.” Mereka adalah pasukan operasi khusus utama Angkatan Laut dan tidak mudah untuk bergabung di dalamnya.

Mengingat mereka harus menjadi yang terbaik dari yang terbaik, seseorang harus menjalani pelatihan ekstensif untuk menjadi Navy Seals. Mereka adalah orang-orang yang menggerebek kompleks Osama Bin Laden dan membawanya turun dan mereka tentu telah melakukan serangan yang jauh lebih berbahaya, tetapi tidak semua dipublikasikan.

  1. French GIGN

French GIGN (National Gendarmerie Intervention Group) adalah kelompok operasi khusus kepolisian nasional, National Gendarmerie, dan dianggap sebagai kelompok penegak hukum elit.

Sejak mereka dibentuk pada tahun 1974, GIGN telah dikerahkan untuk situasi seperti operasi kontra-terorisme, penyelamatan sandera dan pengawasan ancaman nasional. Mereka diizinkan beroperasi di mana saja di dunia tetapi sebagian besar tetap di Prancis.

Mereka dikatakan sebagai salah satu unit kontra-terorisme paling berpengalaman di dunia.

  1. KSK Jerman

Serahkan pada Jerman untuk memiliki unit pasukan khusus elit yang kuat! KSK Jerman terdiri dari tentara dari jajaran Bundeswehr Jerman dan mereka diorganisir di bawah Divisi Pasukan Cepat.

Setelah seseorang dipilih untuk menjadi bagian dari unit pasukan khusus, mereka dikirim ke 17 sekolah berbeda di seluruh dunia untuk pelatihan khusus. NATO telah memberikan banyak penghargaan dan dekorasi kepada KSK, sehingga mereka diakui secara internasional sebagai unit pasukan khusus yang hebat.

2 of 4
Pasukan Elite AS hingga Pakistan
Ilustrasi unit pasukan khusus AS (special mission unit, JSOC); Delta Force/1st SFOD-D atau Army Compartmented Element (ACE), US Special Forces, DEVGRU-Navy SEALs, US Army Ranger, MARSOC, AFSOC, dll (sumber: US Army)
Ilustrasi unit pasukan khusus AS (special mission unit, JSOC); Delta Force/1st SFOD-D atau Army Compartmented Element (ACE), US Special Forces, DEVGRU-Navy SEALs, US Army Ranger, MARSOC, AFSOC, dll (sumber: US Army)

  1. Penembak jitu Pasukan Khusus Militer AS

Orang mungkin tahu Pasukan Khusus AS sebagai Baret Hijau, tetapi musuh tahu mereka sebagai teror murni. Mereka sebagus yang mereka dapatkan dalam hal mendapatkan bidikan yang paling tepat di dunia, dan itu jelas bukan perjalanan yang mudah untuk mendapatkannya.

Setelah seseorang lulus dari Kursus Kualifikasi Pasukan Khusus, mereka memiliki kesempatan untuk mengambil kelas lanjutan termasuk Kursus Sniper Pasukan Khusus. Penembak jitu dapat menghabiskan berjam-jam menunggu target mereka untuk terlihat.

Satu hal yang pasti, Anda tidak ingin terjebak dalam ‘garis silang’ orang-orang ini.

  1. Gendarmerie Serbia

Pasukan polisi bersenjata Serbia ini relatif baru, yang dibentuk pada tahun 2001 sebagai cabang Kementerian Dalam Negeri Serbia. Sekarang, ia terdiri dari Satuan Operasi Khusus dan Satuan Polisi Khusus.

Gendarmerie Serbia berurusan dengan tugas sipil dan militer dengan tujuan utama mereka adalah untuk mengamankan Ground Safety Zone dan menjadi tim penyelamat bencana. Mereka juga menangani kontra-terorisme dan mengakhiri kerusuhan di penjara juga.

  1. Pasukan Operasi Khusus Irak

Pasukan khusus Irak dikenal sebagai Divisi Emas dan dibentuk setelah invasi AS 2003 oleh pasukan koalisi. Mereka diarahkan oleh Layanan Anti Terorisme Irak.

Unit ini terdiri dari sekitar 18.000 tentara dan moto mereka adalah “Semoga Anda tidur nyenyak di tempat tidur Anda malam ini karena pedang yang perkasa siap untuk menyerang ketakutan di hati orang-orang yang akan meneror kami.”

Baru tahun lalu, mereka menjadi unit Irak pertama untuk memasuki lingkungan Mosul Gogali, yang telah diambil alih oleh ISIS.

  1. Korps Hunter Denmark

Hunter Corps dari Tentara Denmark adalah unit pasukan khusus elit yang telah ada sejak 1961. Mereka baru dikerahkan sampai 1995, ketika mereka dikirim ke Bosnia sebagai tim pengintai penembak jitu.

Sebagai ode untuk nama mereka, lambang mereka terdiri dari tanduk berburu dan setelah menyelesaikan satu tahun pelayanan, seorang prajurit diberi baret maroon dengan simbol itu. Unit ini hanya terdiri dari 150 anggota, tetapi mereka semua sangat terlatih dan berspesialisasi dalam berbagai keterampilan.

  1. Kampfschwimmer Jerman

Ini adalah kelompok pasukan khusus Jerman lainnya. Kampfschwimmer diterjemahkan menjadi “perenang tempur,” adalah satu-satunya kekuatan tujuan khusus Angkatan Laut Jerman.

Anggota-anggota ini harus melalui pelatihan yang ketat dan mereka bahkan tidak akan menerima siapa pun yang lebih muda dari 17 atau lebih tua dari 25 tahun. Setiap prajurit harus dapat melewati setiap tes fisik mereka yang melelahkan termasuk berenang 1.000 meter dalam waktu kurang dari 23 menit dan menahan napas setidaknya selama satu menit!

  1. MARCOS India

Unit pasukan khusus Angkatan Laut India, MARCOS, adalah salah satu pasukan khusus yang paling terlatih di dunia dan mereka secara khusus dilatih untuk melakukan operasi khusus di lingkungan maritim.

Mereka telah ada sejak 1987 dan memiliki reputasi yang hebat sehingga musuh takut dengan unit “Dadiwala Fauj,” yang berarti “Tentara Berjanggut” (mereka menyamarkan diri mereka dengan janggut).

Walaupun angka pastinya diklasifikasikan, diketahui bahwa tidak banyak orang yang diterima dalam program mereka karena sangat sulit untuk lulus ujiannya.

  1. Angkatan Bersenjata Taiwan

Pada dasarnya, mereka adalah pasukan khusus bersenjata di Taiwan, yang meliputi Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Angkatan Kepolisian Militer. Mereka sebenarnya sudah ada sejak 1924, ketika mereka dulu disebut Tentara Revolusi Nasional.

Di tahun 70-an, mereka ditugasi merebut kembali daratan China dari Republik Rakyat Tiongkok yang komunis, tetapi sekarang mereka berurusan dengan mempertahankan pulau-pulau Taiwan, Penghu, Kinmen, Matsu, dan lainnya dari Tentara Pembebasan Rakyat Republik Rakyat Tiongkok ( RRC).

  1. Jagdkommando Austria

Jika Anda menerjemahkan Jagdkommando ke dalam bahasa Inggris, itu berarti “perintah perburuan” dan mereka tentu saja mengharumkan namanya dengan anggota-anggota mereka yang sangat terlatih yang menjaga negara agar aman.

Kelompok Operasi Khusus Angkatan Bersenjata Austria berspesialisasi dalam kontra-terorisme dan kontra-pemberontakan dan terdiri dari tiga satuan tugas. Sementara banyak orang mencoba untuk bergabung, hanya sekitar 20-25% yang berhasil karena mereka hanya memilih yang terbaik dari yang terbaik, yaitu mereka yang sangat unggul dalam program pelatihan keras mereka.

  1. Angkatan Bersenjata Peru

Angkatan Bersenjata Peru dikenal karena wajahnya yang dicat dan mereka telah melakukan itu sejak didirikan pada tahun 1821. Mereka terdiri dari anggota dari keempat cabang: Komando Gabungan, Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Mereka terutama berurusan dengan masalah-masalah domestik karena ditugaskan untuk menjaga negara agar aman dan bebas dari konflik. Pemimpin mereka, seperti di AS., adalah presiden tetapi mereka juga melapor ke Kementerian Pertahanan dan Kepala Pertahanan.

  1. Kelompok Layanan Khusus Pakistan

Unit pasukan khusus utama Angkatan Darat Pakistan adalah Special Service Group (SSG), juga dikenal sebagai “Bangau Hitam,” dan dibentuk pada tahun 1956, ketika mereka mendasarkan sebagian besar pelatihan awal mereka dan orientasi Pasukan Khusus AS.

SSG bermarkas di Tarbela Cantonment dan dibagi menjadi delapan batalion dengan pemimpin mereka menjadi mayor jenderal. Operasi terbaru mereka adalah Operasi Zarb-e-Azb, yang ditargetkan kelompok-kelompok teror di wilayah tersebut, termasuk Negara Islam dan al-Qaeda.

3 of 4
Pasukan Elit Polandia Hingga Malaysia.

Pasukan khusus Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) (Wikimedia / Creative Commons)
Pasukan khusus Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) (Wikimedia / Creative Commons)

  1. Delta Force AS

Nama resmi Delta Force adalah 1st Special Forces Operational Detachment-Delta dan mereka adalah salah satu pasukan AS yang paling rahasia, melakukan misi yang mungkin tidak pernah kita pelajari.

Unit Misi Spesial yang elit ini diciptakan pada tahun 1977 dan menjadi model SAS Inggris karena tingkat keberhasilannya yang tinggi. Mereka berspesialisasi dalam penyelamatan sandera dan anti-terorisme dan baru-baru ini terlibat dalam Perang Narkoba Meksiko.

  1. JW GROM Polandia

JW GROM adalah unit anti-terorisme elit Polandia. JW adalah kependekan dari Jednostka Wojskowa (Unit Militer) dan GROM adalah kependekan dari Grupa Reagowania Operacyjno-Manewrowego (Kelompok untuk Respon Manuver Operasional).

Mereka sebenarnya adalah satu dari lima unit pasukan khusus di Angkatan Bersenjata Polandia dan mereka berspesialisasi dalam perang tidak konvensional. Mereka sebenarnya dinamai unit operasi khusus elit Polandia Perang Dunia II yang menentang pendudukan Nazi dan mereka masih memiliki tekad yang sama untuk menjaga negara mereka aman.

  1. Layanan Kapal Spesial Inggris

Angkatan Laut Kerajaan Inggris memiliki unit pasukan khusus yang dikenal sebagai Layanan Perahu Khusus dan dibentuk selama Perang Dunia II. Ini spesialisasi dalam operasi kontra-terorisme maritim.

Mereka dianggap sebagai unit pasukan khusus paling terlatih di Inggris dan mereka tidak sering diberitakan karena mereka lebih suka menjaga kegiatan mereka di bawah radar. SBS banyak bekerja dengan Surveillance Reconnaissance, Offensive Action, and Support and Influence.

  1. SAS Australia

Unit ini mirip dengan SAS Inggris dan sangat mengikuti jejak merek. SAS Australia memiliki tempat tersendiri dalam sejarah dan merupakan bagian utama dari Militer Australia.

Unit tersebut dibentuk pada tahun 1957 dan sejak itu, telah dikerahkan di Kalimantan, Vietnam, Somalia, Timor Leste, Irak, dan Afghanistan. Mereka juga menangani masalah-masalah domestik ketika mereka muncul, tetapi terutama berurusan dengan misi pengintaian jarak jauh dan pengawasan rahasia, yang bekerja dalam tim kecil.

  1. GSG Jerman 9

GSG 9 adalah kelompok pasukan khusus lain di Jerman dan mereka pada dasarnya seperti polisi yang sangat terlatih. Mereka dianggap sebagai unit anti-terorisme, penyelamatan sandera, dan operasi khusus kepolisian.

Unit ini dibentuk setelah pemboman Olimpiade Munich karena pada saat itu polisi tidak siap untuk menghadapi serangan teroris dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. GSG dikerahkan ketika ada insiden penyanderaan, penculikan, terorisme, dan pemerasan dan mereka memastikan untuk mengakhiri itu.

  1. Pararescue Angkatan Udara AS

Meskipun dilatih sebagai prajurit pasukan khusus, mereka mungkin masih membutuhkan penyelamatan dan itulah sebabnya gugus tugas Air Force Pararescue AS dibentuk.

Pada dasarnya, mereka berurusan dengan pemulihan dan perawatan medis orang-orang di lingkungan kemanusiaan dan pertempuran. Mereka juga dikenal membantu misi NASA dan menyelamatkan para astronot setelah pendaratan air.

Mereka dilatih untuk bisa menyelamatkan orang tidak peduli apa situasi atau lingkungannya.

  1. Komando Pasukan Khusus Turki

Baret Maroon sangat terkenal di dunia militer karena mereka telah memenangkan Kompetisi Pasukan Khusus NATO empat kali berturut-turut. Itu adalah kehormatan yang sangat berbeda untuk dimiliki.

Anggota Komando Pasukan Khusus Turki datang dari semua cabang militer, tetapi hanya memenuhi syarat untuk secara resmi bergabung setelah periode pelatihan empat tahun. Unit pasukan khusus adalah salah satu dari beberapa tim operasi khusus yang masih melakukan “tembakan kepercayaan” untuk membuat tentara saling percaya

Masa pelatihan begitu intens hingga saat itu sehingga banyak orang benar-benar keluar.

  1. Islamic Revolutionary Guard Corps

Revolutionary Guard Corps atau Korps Pengawal Revolusi Iran didirikan sebagai cabang terpisah dari Angkatan Bersenjata Iran setelah Revolusi Islam 1979. Mereka ditugaskan dengan misi yang sangat spesifik, melindungi rezim Republik Islam. Artinya, mereka memainkan peran besar dalam masyarakat, politik, ekonomi dan militer Iran.

Pengawal Revolusi mulai bertindak pada tahun 2009 selama protes menentang pemilihan presiden Mahmoud Ahmadinejad, membantu membungkam perbedaan pendapat. Para pengunjuk rasa berpendapat bahwa pemilu telah dimanipulasi dan dicurangi.

Pengawal Revolusi menyensor berita dan internet, melakukan penangkapan massal dan membunuh sekitar 70 pemrotes. Para pemimpin oposisi mengklaim bahwa para tahanan disiksa dan diperkosa, dan beberapa bahkan meninggal ketika berada di penjara.

  1. Resimen Parasut India

Resimen Parasut adalah unit pasukan khusus lain di India dan yang ini adalah bagian dari Angkatan Darat mereka sebagai resimen infantri yang mengudara. Mereka telah menjaga negara mereka aman sejak unit ini dibentuk pada tahun 1945.

Warnanya merah marun dan biru, dengan nama panggilan mereka adalah “The Paras” yang berarti setan merah, jadi Anda tahu mereka adalah kelompok yang tangguh. Moto mereka adalah “Shatrujeet” yang diterjemahkan menjadi “Sang Penakluk” dan mereka membantu India mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 1947.

  1. PPN Malaysia 69

Unit elit multi-penugasan pasukan khusus Kepolisian Kerajaan Malaysia ini tentu sesuai dengan nama lengkap mereka Very Able Troops 69, karena mereka dikenal dengan misi berisiko tinggi.

Mereka melakukan misi kontra-terorisme, penyelamatan sandera, pengumpulan intelijen, dan misi kontra-pemberontakan, menggunakan 1.900 anggota mereka untuk melakukannya. Anggota-anggota ini sangat terlatih dan bahkan melakukan peperangan hutan, yang merupakan sesuatu yang tidak banyak dilakukan oleh pasukan khusus.

4 of 4
Pasukan Elit Filipina hingga Indonesia
Pasukan Khusus TNI latihan penanggulangan terorisme
Prajurit TNI Batalyon Raider 112/Dharma Jaya membawa sandera menuju helikopter pada latihan penanggulangan anti teror di Banda Aceh, Sabtu (11/5/2019). Penanggulangan anti teror merupakan bagian dari latihan pemeliharaan prajurit Raider dalam menanggulangi berbagai gangguan.

  1. Scout Rangers Filipina

Nama mereka mungkin tidak terdengar seperti seseorang yang Anda takuti, tetapi mereka sebenarnya adalah unit Komando Operasi Khusus Angkatan Darat Filipina yang berspesialisasi dalam peperangan hutan anti gerilya, penggerebekan, penyergapan, dan sabotase.

Scout Rangers dibentuk pada tahun 1950 untuk menangani gerilyawan Hukbalahap dan kemudian, mereka adalah bagian besar dari penangkapan kamp pemberontak Front Pembebasan Islam Moro. Seperti PPN 69, mereka dilatih untuk bertarung di hutan dan melacak musuh.

  1. Brigade Khusus Serbia

Serbia mungkin negara kecil, tetapi itu tidak berarti mereka tidak memiliki militer yang kuat. Salah satu unit pasukan khusus terbaik mereka adalah Brigade Khusus, yang dibentuk pada tahun 2006.

Unit elit Angkatan Bersenjata Serbia melakukan operasi khusus untuk Angkatan Darat Serbia, termasuk pengintaian khusus dan anti-terorisme. Pasukan mereka ditempatkan di Niš dan Pančevo dan terdiri dari sekitar 1.000 anggota.

  1. Resimen Pasukan Khusus Sri Lanka

Unit paling rahasia di Angkatan Darat Sri Lanka adalah Resimen Pasukan Khusus, yang merupakan salah satu dari dua unit operasi khusus mereka. Markas mereka di Seeduwa.

Ketika mereka pertama kali dibentuk pada tahun 1986, mereka dikenal sebagai “Tim Pelacak Tempur” dan kemudian menjadi kelompok pengintai sebelum akhirnya menjadi kelompok operasi khusus mereka sendiri. Mereka sangat tertutup sehingga tidak diketahui publik apa yang mereka lakukan atau bagaimana mereka memilih anggotanya.

34.“Night Stalkers”

Dengan nama panggilan seperti “Night Stalkers” atau Pengintai Malam Angkatan Udara, Anda tahu mereka pasti menakutkan, terutama karena mereka melakukan sebagian besar misi mereka di malam hari untuk menghindari risiko terlihat.

SOAR ke-160 adalah pasukan operasi khusus Angkatan Darat AS yang dibentuk pada 1981 karena pada saat itu AS tidak memiliki unit helikopter yang dilatih untuk menangani misi malam. Misi mereka terdiri dari serangan, penyerangan, dan pengintaian.

  1. Kopassus Indonesia

Kopassus adalah satuan pasukan khusus Angkatan Darat Indonesia dan nama mereka adalah campuran dari kata-kata Komando Pasukan Khusus.

Meskipun mereka diciptakan pada tahun 1952, mereka baru terkenal sampai setelah invasi Indonesia ke Timor Timur pada tahun 1970-an dan tenar sekali lagi ketika mereka membantu membebaskan para sandera Garuda 206 Penerbangan Indonesia 1981. Anggota mereka sangat dihormati , terutama oleh media dan mereka dibawa untuk membantu kampanye militer pemerintah. **

Sumber : Liputan 6. Com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here