DEPOK Suara Jabar News.Com,- Pemerintah Kota Depok, melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Depok akhirnya mengadakan program WiFi gratis bagi warganya.

Kadis Kominfo Pemkot Depok, Sidik. Mulyono menjelaskan, pemasangan WiFi gratis untuk wilayah kota Depok bulan Oktober 2020 ini, akan di pasan WFI de setiap RW katanya.

Menurut Sidik Mulyono, pemasangan tersebut, dilakukan langsung oleh Diskominfo Depok berkoordinasi dengan Disdik, camat dan lurah melalui rapat daring pada Selasa,1 September 2020 lalu.

Tujuan dari penasangan WFI gratis di setiap RW, adalah dalam upaya meningkatkan kinerja dan membantu masyarakat di 65 kelurahan yang ada di 11 kecamatan, pihak Pemkot Depok berkolaborasi dengan penyedia telekomunikasi bakal memasang sekitar 919 unit WiFi mulai bulan Oktober 2020 mendatang.

“Kita berkoordinasi dengan wilayah untuk memastikan titik lokasi mana yang akan dipasang WiFi, tapi wilayah yang sudah tersedia jaringan Fiber Optik. Wifi dipasang disetiap RW dipasang satu wifi dan selanjutnya bertahap,” kata Sidik Mulyono kepada awak media.di Balai Wartawan Pemkot Depok, belum lama ini.

Sidik menambahkan, pihaknya hanya sebagai penyedia saja, untuk pengawasan pemakaian wifi gratis diserahkan kepada masing-masing RW. Termasuk WiFi hanya untuk pelajar dan mahasiswa meskipun WiFi nantinya bisa dipakai untuk berselancar lebih luas.

“Akhirnya diputuskan WiFi berbasiskan RW yang akan di operasikan bulan Oktober nanti yang berkapasitas pemakaian bisa 20 sampai 30 user dengan rencana cara mendaftar menggunakan nomer kartu pelajar dan mahasiswa,” jelasnya.

Target ratusan Wifi akan di pasang satu unit di setiap RW yang diharapkan beroperasional bulan Oktober 2020 mendatang dan pengesahan Anggaran Biaya Tambahan (ABT) sekitar akhir September 2020 dengan pertimbangan kemampuan provider, rasionalisasi anggaran, dan teknis. Kita tidak bisa mengandalkan satu layanan saja, untuk mengejar target tersebut, urainya..

Pemasangan Wifi itu sendiri dilakukan dua opsi yaitu untuk in door dan out door karena memiliki kekurangan serta kelebihan masing masing tapi tetap mengikuti protokol kesehatan di tengah pandemi Covid -19 yang terjadi sekarang.

Keberadaan WiFi ini merupakan tambahan dari 230 WiFi yang sudah terpasang beberapa bulan lalu di tingkat kelurahan, kecamatan dan kantor Pemkot Depok.

“Bahkan penempatan atau pemasangan Wifi itu sendiri bisa dilakukan di Balai Warga, taman bacaan, pelataran rumah ibadah (masjid dan mushola) atas seizin pengurus bahkan di rumah warga yang disepakati pengurus atau Ketua RW setempat”, sebutnya.

Disinggung mengenai program WiFi gratis adanya Pilkada Depok, Sidik membantah, bahwa semua berawal dari keluhan masyarakat sejak pandemi covid 19 dan membutuhkan jaringan internet untuk anak-anaknya belajar secara daring.

“Program WiFi gratis ini ngga ada kaitanya sama sekali dengan pilkada, kita dipihak skunder dalam menangani pandemi ini bersama gugus tugas covid 19,” jelasnya. (By)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here