DEPOK, Suara Jabar News, Com, – Ratusan para kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Swasta mengikuti penilaian kinerja kepala kepala sekolah.

Penilaian tersebut terdiri dari enam komponen yang dilakukan para pengawas sebagai tim penilai.

Seperti yang dilakukan di Kecamatan Bojongsari sebanyak 31 kepala sekolah SD negeri dan swasta kinerjanya akan dinilai.

Dikatakan Dede Sulaiman, selaku Koordinator Tim Penilai, penilaian para kepala sekolah merupakan rutin dilakukan setiap menjelang akhir tahun. Penilaiannya terdiri dari 6 kompenen, yaitu, komponen super visi dari program sampai tindak lanjut.

Menurut dia, komponen manajerial kepala sekolah, kepribadian, kewirausahaan, prestasi kepala sekolah, prestasi tenaga pendidik dan prestasi siswa sebagai peserta didik tahun akademik.

“Itu semua kita potret, kita gambar, kita observasi, kita wawancara dan nantinya akan muncul nilai yang disimpan dalam aplikasi,” kata Dede Sulaeman usai melakukan penilaian di SDN Curug 1 Rabu (18/11/2020).

Dari jumlah 6 komponen tersebut, ada 119 yang harus dinilai, namun sekarang ini hanya sekitar 60 yang dapat dinilainya dan dimasukkan kedalam aplikasi. Dari aplikasi tersebut akan muncul nilai rata-rata dari kategori baik, sedang, baik sekali,” ujarnya.

Diharapkan kinerja kepala sekolah yang nilainya jika kurang baik akan mempengaruhi kepala sekolah pada periode berikutnya.

“Artinya jika penilaian kinerja tidak meningkat, keputusannya akan diambil oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok dan tim penilai apakah diberi kesempatan atau dikembalikan lagi menjadi guru,” pungkasnya..(By)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here