BOGOR, Suara Jabar News, Com, – .Masih rendahnya kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dengan membuang sampah sembarangan dan itupun sering kita jumpai adanya tempat pembuangan sampah liar, khususnya di wilayah Kabupaten Bogor.

Persoalan sampah pada masyarakat menjadi problematik yang sangat sulit teratasi.

Penambahan populasi masyarakat dberbagai tempat yang turut menyumbang penambahan volume akibat kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan.

Untuk mengedukasi masyarakat soal kesadaran kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, pihak UPT Pengelolaan sampah Wilayah II Jonggol mengadakan aksi pemasangan spanduk atau banner yang bertuliskan “KAWASAN BEBAS SAMPAH” .

Spanduk juga berisikan himbauan dan ancaman sanksi sesuai Perda Kabupaten Bogor no.04 Tahun 2015, yakni
Membuang sampah sembarangan adalah tindakan melanggar hukum. Sanksi pidana kurungan paling lama 3 bulan atau pidana denda 50 juta Rupiah.

Eko salah satu Staff kantor UPT Pengelolaan Sampah Wilayah II Jonggol, yang terjun langsung ke lokasi pemasangan spanduk mengatakan, bahwa pihaknya bekerjasama dengan Muspika setempat melakukan pemasangan spanduk atau banner ini di berbagai tempat strategis, khususnya lokasi pembuangan sampah liar di Kecamatan Klapanunggal dan Kecamatan Jongggol.

Dan juga dipasang di Kecamatan Cileungsi, Kecamatan Cariu, Kecamatan Sukamakmur dan Kecamatan Tanjung Sari. ” Kita harapkan seluruh wilayah wilayah tersebut telah terpasang sampai akhir Desember nanti, dengan harapan masyarakat menjadi tertib dan bebas dari kebiasaan membuang sampah ke tempat pembuangan sampah liar” harapnya.

Dikesempatan itu, Eming Sutisna, S. Sos, selaku Kepala TU, Kantor Pengelolaan Sampah Wilayah II Jonggol, kepada awak media, mengatakan pihaknya berharap dengan aksi pasang spanduk atau banner ini, masyarakat semakin tinggi kesadarannya menjaga kebersihan pada lingkungannya dengan tidak membuang sampah sembarangan, ke sungai, selokan atau tempat tempat pembuangan sampah liar, secara sembarangan.” Sehingga lingkungan menjadi lebih bersih dan indah” pungkasnya..(yn/By)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here