JAKARTA, Suara Jabar News.Com,- Perayaan ibadah Natal di Gereja HKBP Ancol Podomoro Kelurahan Sunter, kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara (24/12/2020) berjalan penuh dengan kasih, Damai berjalan aman dan lancar.

Perayaan ibadah Natal dilaksanakan melalui penerapan protokol kesehatan dengan mengukur suhu, sedangkan Jemaat yang ingin mengikuti Ibadah di Gereja, diwajibkan mencuci tangan dan memakai masker serta menggunakan kapasitas ruang gereja dengan pembatasan empat puluh persen(40%) dari total jumlah bangku yang tersedia.

Sebelum khotbah ibadah yang dibawakan oleh Pendeta Rijon M.Siahaan, STh, dan Liturgis yang dibawakan oleh Pendeta Tamba Samosir, dilakukan prosesi penyalaan lilin oleh berbagai unsur seksi-seksi di Gereja HKBP AP bersama Sintua Gereja dan Pendeta.

Setelah menyalakan lilin yang dipimpin oleh Pendeta Resort sebagai Pimpinan Gereja HKBP AP, api lilin bergilir diteruskan kepada jemaat dengan menyanyikan lagu” Malam Kudus”.

Dalam Khotbah yang disampaikan Pendeta Rijon membacakan ayat dari Yesaya 9:1-6 – 9:1, “Tetapi tidak selamanya akan ada kesuraman untuk negeri yang terimpit itu. Kalau dahulu TUHAN merendahkan tanah Zebulon dan tanah Naftali, maka di kemudian hari Ia akan memuliakan jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, wilayah bangsa-bangsa lain. 9:2″. Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar ; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar. 9:3. Engkau telah menimbulkan banyak sorak-sorak, dan sukacita yang besar; mereka telah bersukacita di hadapan-Mu, seperti sukacita di waktu panen, seperti orang bersorak-sorak di waktu membagi-bagi jarahan. 9:4, Sebab kuk yang menekannya dan gandar yang di atas bahunya serta tongkat si penindas telah Kau patahkan seperti pada hari kekalahan Midian. 9:5. Sebab setiap sepatu tentara yang berderap-derap dan setiap jubah yang berlumuran darah akan menjadi umpan api. 9:6. Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai”.

Rijon menyampaikan, dengan Perayaan Natal saat ini, kiranya Jemaat HKBP AP dalam kondisi yang menimpa dunia kesehatan dengan adanya covid-19, tidak mengurangi semangat kepercayaan kepada Kristus Yesus, yang tentunya akan ada perubahaan dari kekelaman hidup menjadi kebahagian hidup.

Sintua Judika Sinaga menerangkan, bahwa untuk tanggal 24/12/2020, ibadah Natal terbagi dua kali ibadah, yaitu pertama jam 17.00 dan ke dua 19.00, dimana kapasitas dari Gedung Geraja dari biasa 300 jiwa menjadi 90 dan Aula Gereja kapasitas 300 jiwa menjadi 100 jiwa.

“kami mengucapkan Terimakasih kepada petugas keamanan Polri dan TNI dan juga anggota ormas yang sudah mengamankan acara ibadah Natal di gereja kami” tuturnya Judika
(Ben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here