Polres Bogor Berhasil Mengungkap 60 Pelaku Curanmor Beserta 134 Barang Bukti Kendaraan Hasil Curian

BOGOR, SJNews.Com,-
Operasi Kejahatan Kendaraan (Jaran) Lodaya selama 22 Februari hingga 3 Maret 2021, Polres Bogor berhasil amankan 134 barang bukt (BB) kendaraan hasil curian, dengan waktu 10 hari.

Dalam keterangan Pers, Kapolres Bogor, AKBP Harun menjelaskan, pihaknya telah menangkap 60 orang tersangka, dan masih ada tujuh lagi yang menjadi masuk Target Operasi (TO) dan 53 orang non-TO. Kamis (4/3/2021).

“Dari 134 kendaraan hasil kejahatan kami amankan, sembilan diantaranya kendaraan roda empat dan satu unit roda enam truk untuk mengangkut hasil curian,” terang Harun.

Berdasarkan hasil penyelidikan, aksi kejahatan sering dilakukan di pagi hingga menjelang sore, sekitar pukul 09.00 – 18.00 WIB, bahkan juga di malam hari.

Adapun sasaran kejahatan mereka yakni di tempat parkir pertokoan, rumah makan, maupun di rumah warga yang menjadi target kejahatan mereka.

“Ya dengan cara memakai kunci leter T dengan cara membobol/mencongkel pintu, ataupun jendela rumah warga, kalau yang di rumah ini, mereka sering melakukan aksinya itu di malam hari,” ungkap Harun.

Kendaraan motor hasil curian mereka itu kemudian, dibawa untuk dikirimkan ke penadah dengan menggunakan truk, lalu dijual ke wilayah Cianjur, Jawa Barat.

Lebih lanjut Harun katakan, bahwa penadah dari hasil curian tersebut, mereka memiliki banyak jaringan di sekitar wilayah Cianjur.

“Para pelaku ini juga masuk jaringan diluar Pulau Jawa yaitu, Sumatera (Lampung) juga ada yang dari Bogor.

Hasil kendaraan curian yang dikirim ke Cianjur dengan menggunakan truk itu berhasil kami amankan” sebutnya.

Pelaku pencurian diganjar dengan pasal 363 ayat (1) ke 3e, 4e dan 5e KUHPidana, Pasal 480 KUHP dan Pasal 481 KUHP ancaman tujuh tahun penjara.

smSementara untuk penadah, dijerat dengan pasal 481 KUHPidana dengan ancaman juga tujuh tahun penjara.

Adapun barang bukti yang ditemukan yaitu 2 pucuk Senpi rakitan, enam senjata tajam, peluru, kunci leter T, magnet, kunci pas, hp dan beberapa alat lainnya telah kami amankan paparnya. (Lukas Diana/ Wieragus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here