DEPOK, SJNews.com,- Walikota Depok, Imam Budi Hartono (IBH) meminta Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok jangan memelihara kontraktor nakal, bila perlu di blacklist sebagai kontraktor daftar hitam katanya kepada awak media usai acaradalam acara Pelatihan Tenaga Terampil di Hotel Bumi Wiyata, Rabu (9/6/2O21).

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono menyebut, ” proyek ini ibarat kue yang harus dinikmati oleh rekanan orang Depok imbuhnya.

Proyek penunjukan langsung wajib diberikan kepada kontraktor lokal, tentunya rekanan harus memiliki persyaratan administrasi yang lengkap pungkasnya usai menyematkan helm.proyek kepada salah seorang peserta pelatihan tenaga terampil konstruksi yang diprakarsai Dinas PUPR Depok itu.

“Saya sekali lagi menegaskan serta meminta Pak Dadan Rustandi selaku Kadis PUPR) tidak usah kasih lagi pekerjaan kepada kontraktor yang tidak profesional, apa bila ada laporan ada kontraktor mengurangi volume atau bobot pekerjaan, sehingga hasilnya pekerjaan baru satu atau tiga bulan sudah rusak harus diberikan sanksi, bila perlu diblacklist aja,” tegas Wakil Walikota.

Kegiatan Pelatihan Tenaga Terampil Kobstrukso Sertifikaso menyelenggarakan Pelatihan tenaga terampil Konsttuksi yang ber sertifikasi tenaga terampil Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) Kota Depok ini tujuannya meningkatkan kualitas pekerjaan, karena yang mengerti kontruksi tentunya yang telah bersertifikat.

Seusai penyematan helm.proyek, Wakil Walikota bersama Kadis PUPR Depok, Dadan Rustandi dan Sekretaris Dinas PUPR Depok, Citra Indah Yulianti foto bersama perwakilan peserta dan nara sumber.

Bila memberikan pekerjaan kepada kontraktor yang tidak profesional dengan hasil pekerjaan buruk nantinya kerugian akan dialami Pemkot Depok dan masyarakat.

Nantinya akan menjadi cemoohan, karena masyarakat menilai Pemkot Depok bikin jalan jelek, sebab jika pihak kontraktor melaksanakan pekerjaan bagus, tentu tidak akan mendapat tudingan di jelek

BACA JUGA :   Ada apa Dengan Reshuffle Kabinet, Prabowo Ngamuk dan Direksi BUMN, Apa Relevansinya?

Kalau kontraktor diberi kepercayaan kegiatan pekerjaan proyek, haruslah menjaga kepercayaan tersebut.

Kalau pekerjaannya jelek, tentu semua akan rugi, terutama anggaran modal dari APBD yang harus di belanjakan untuk keperluan masyarakat. Hal itu agar menepis prasangka yang negatif terhadap pemerintah,” pungkas Imam.

Wakil Walikota memberikan apresiasi kepada Dinas PUPR Depok yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut, untuk itu para kontraktor di kota Depok seharusnya bersyukur, karena Pemkot Depok telah menyelenggarakan pelatihan keterampilan untuk jasa kontruksi.

Untuk itu, saya berharap para peserta yang mengikuti pelatihan keterampilan jasa kontruksi harus dengan serius, selain pemenuhan persyaratan modal kerja, para tenaga jasa konstruksi harus memiliki sertifikasi tenaga terampil konstruksi, pintanya.

Sekdis PUPR Depok, Citra Indah Yulianti (kiri) bersama pejabat lain Dinas PUPR Depok serius mendengarkan arahan Wakil Walikota Depok dalam sambutan pembukaan kegiatan tersebut.

Sebelumnya dalam laporannya, Kepala Dinas PUPR Depok, Dadan Rustandi menyampaikan, kegiatan pelatihan ini diikuti sedikitnya 100 peserta dan bertujuan agar para pelaksana jasa konstruksi memiliki pengetahuan dan terampil dalam bidang jasa konstruksi.

“Sebab pernah terjadi saat dilakukan pemeriksaan, ternyata tenaga pelaksana konstruksu yang sudah memiliki sertifikasi terampil jasa konstruksi tidak tahu keahlian bidang jasa konstruksinya,” ungkap Dadan.

Tujuan dari kegiatan ini untuk tertib administrasi dan memiliki keterampilan jasa konstruksi bagi tenaga pelaksananya.

Menanggapi pertanyaan wartawan soal blacklist, Dadan menegaskan, blacklist dilakukan terhadap perusahaan dan pengusahanya.”Blacklist terhadap perusahaan dan pengusahanya. Jadi dua-duanya diblacklist,” tandasnya.

Sementara Sekretaris Dinas (Sekdis) PUPR Depok, Citra Indah menuturkan.kegiatan tersebut berlangsung selama duahari.”Kegiatannya selama duahari dan diikuti sebanyak seratus peserta,” imbuh Citra.

Kegiatan pelatihan keterampilan ini, sebelnya telah ada pemberitahuan dan menyampaikan kepada asosiasi jasa konstruksi di wilayah Depok.

BACA JUGA :   Hari Pers Nasional ke - 74, PWI diharapkan Mampu Ciptakan Sinergilitas sebagai Organisasi Tertua Yang Mempuni dan Mengayomi

Semoga ilmu yang didapatkan oleh peserta pelatihan keterampilan tentang jasa kontruksi ini dapat berguna dan banyak manfaatnya untuk pelaku jasa kontruksi dalam melaksanakan proyek pembangunan di Kota Depok. (Bg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here