ORGANISASI

DIES NATALIS KE – 76 GERAKAN PEMUDA MARHAEN,ir, H, Emir Moes, Msc, Pemuda Marhaen Bukan Onderdil Parpol, Tetapi Perwujudan Cita – cita Idiologi Bangsa

SJNews.com,- Dalam rangka Dies Natalis ke – 76 Gerakan Pemuda Marhaen yang di gelar di Graha Nandhika, Suchofindo lanrai 2, Jl, Raya Pasar Minggu Kav, 34, Pancoramas Jakarta Selatan, Rabu (31/5/2023).

Acara Dies Natalis ke-76 Gerakan Pemuda Marhaen (GPM) di hadiri oleh Ir, Emir Moeis, Msc Ketua umum GPM, Kepala Kesbangpol DKI Jakarta, Gus Nuril Arifin Husein tokoh Nahdatul Ulama, Sekretaris Umum GPM ,Ir, Satyo Hadi Wibowo, GNP, ketua DPD dan DPC GPM se Jabodetabek.

Tema Dies Natalia ke – 76 Gerakan Pemuda Marhaen, ” Merawat Kebhinekaan, Menjaga Peradaban Nusantara, Menuju Indonesia Maju “.

Pembacaan teks Pancasila dan lagu Kebangsaan serta Mars Marhaen di kumandangkan sebelum acara dimulai, dibawakan oleh pemuda marhaenis

Ketua panita Dra, Febby Henderina R mengucapkan terima kasih kepada tim paniti yang telah bekerja keras terselenggara kegiatan Donor Darah dan Dies Natalis ke-76 Gerakan Pemuda Marhaen ini.

Pada kesempatan tersebut, ir, Emir Moeis, Msc selaku Ketua umum Gerakan
Pemuda Marhaen menyampaikan sambutan, yang terhormat tamu yang hadir, terutama tokoh NU yang sangat Pancasilais, terima kasih juga kepada semua rekan ketua DPP wakil ketua juga para pembina dan penasehat serta ketua DPD, DPC beserta seluruh anggotanya yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang mewakili

” kami ucapkan terima kasih atas kehadirannya pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur agar Tuhan yang maha kuasa karena pada hari ini kita bisa berkumpul bersama memperingati dengan mengadakan kegiatan dies natalis untuk gerakan Pemuda yang ke-76 ini sudah melebihi dari umur saya dan umur kita semua di sini,” katanya.Emir Moes.

” alhamdulillah, puji syukur kepada Tuhan, selama 76 tahun kita tetap bisa eksis berdiri walaupun terkena gonjang-ganjing selama masa orde baru di mana pada saat itu terjadi di Soekarnonusasi, ilustrasi mahasiswa yang seolah disamakan sebagai sebuah organisasi yang terlarang saat itu.

Kita sekarang bisa kembali lagi eksis dan harus kita pertahankan untuk seterusnya, agar demokrasi dan kebebasan ini bisa terus ada di bumi Nusantara. saya enggak bisa banyak kasih sambutan karena sudah di borong oleh ketua panitia, tapi garis besarnya saya mau sampaikan soal gerakan pemuda narhaenis, imbuhnya

Ia katakan, saat ini banyak gerakan Pemuda tapi kita masih beda, karena kita bukan gerakan pemuda yang untuk urusan keamanan urusan tempur, urusan persatuan atau untuk jadi debt colecktor, enggak, bukan ke sana tujuan kita tujuan kita lebih mulia yakni mengembalikan rasa atau cinta atau gelora marhaenis, sebutnya.

” kalau tadi ketua panitia dibilang ada generasi milenial yang sudah sangat berkiprah dengan teknologi, itu hal yang enggak bisa kita hindari, sebab teknologi yang telah berjalan dan manusia akan makin terikat dengan teknologinya, ya, ini yang kita mesti menjaga generasi muda “.

Coba kita bayangkan, sejak 32 tahun cengjraman orde baru, sampai nama organisasi kita aja mesti diganti waktu itu, kemudian muncul zaman reformasi muncul teknologi informasi, bahkan ke depan nanti akan ada apa lagi di Indonesia, ya kemudian juga akan jadi metafase akan semakin jauh generasi muda nanti terhadap para siswa jadi wajib kembalikan semangat dan gelora mana ini ke kalangan muda tidak mudah karena kalau kita perhatikan anak-anak muda sekarang cenderung lebih banyak dengan gadget.

” ya kita mesti mengikuti, mungkin kalau dulu kita cukup dengan rapat raksasa pihak atau pidato menurut versi mereka lewat berita-berita di online dan sebagainya” .

Negara Malaysia saja mempunyai keragaman yang berdasarkan Pancasila karena pada akhirnya itu adalah sumber awal dari Pancasila itu sama, yang satu diciptakan dari pemikiran Soekarno yang kedua adalah hasil penggalian bung Karno juga, sehingga ada Pancasila yang akan kita peringati besok 1 juni. kita kembalikan lagi Pancasila sesuai kelahirannya tanggal 1 juni kepada generasi muda.

BACA JUGA :   Prancis Lolos Ke Semi Final Piala Dunia 2022 Usai Kalahkan Inggris Skor 2 - 1

Gerakan Pemuda Marhaen banyak anggotanya dan yakinkanlah mereka untuk bisa kembali ini ke masyarakat di sekitarnya, kalau satu DPC bisa memperkenalkan nama ini kepada 100 Pemuda tentu nantinya akan berkembang

Saat ini kita sudah punya DPD, DPC 34, hingga hari ini total semuanya ada 38, memang belum semua bisa terakomodir, terutama di wilayah Papua kita belum bisa sampai ke sana, tapi insyaallah dan di Aceh Gerakan Pemuda Muda susah mulai ada, saya akan coba tembus di Sumatera Barat dan itu merupakan perjuangan enggak punya suara sama sekali, maaf saya sebutkan perjuangan kita di sini memang banyak yang anggota dari PDI Perjuangan tapi musisinya GPM ini bukan onderdilnya partai jadi siapapun boleh ada di dalamnya, seperti PSI pun mau ada di dalam rumah ini, silakan jan saja, yang penting adalah cita-cita dan ajaran dan ideologi ini disadari oleh semuanya.

Tujuannya semua rakyat Indonesia agar NKRI ini bisa bertahan, kalau kita lihat Indonesia dalam peta bumi, ya tepatnya dalam peta dunia, saya itu tidak habis berpikir, kok bisa ya kita membuat suatu negara kesatuan yang begitu luas, begini besarnya begini terpecah-pecah sampai laut tapi bisa jadi satu.

Saat perjalanan dengan pesawat terbang dari Banda Aceh sampai ke Jakarta 3 jam, kalau dari Jakarta kita teruskan lagi kemampuan panjang.

dia juga mengibaratkan Negara Amerika serikat begitu lebar negerinya dari pantai barat ke pantai timurnya hanya cukup 5 jam, kita lebih dari itu, jadi kita bisa bayangkan betapa luasnya republik ini, dan bagaimana kita menjaga negri ini, ya kalau bukan kita siapa lagi. ini adalah takdir dari Allah subhanahu wa ta’ala kita bisa menjadi suatu negara kesatuan, Tuhan juga mengatakan kita harus bisa menjaganya, kita sudah dapat anugerah tapi kalau kita tidak jaga maka bisa celaka secara pisik, salah satu kunci yang paling kuat di sini adalah marhaenis Pancasila yang sangat mengutamakan keanekaragaman kebebasan dalam beragama berdemokrasi berdasarkan perwakilan dan juga sosialis, sosial bagi seluruh rakyatnya.

Dikatakan oleh bung Karno ideologi marhaenis adalah sosialis, nasionalis dan religius, ide Soekarno waktu dia ketemu dengan petani bernama marhaen, sehingga muncul ide bagaimana idiologi tersebut, bagaimana kesehatannya, penyebabnya adalah karena adanya penghisapan Manusia atas manusia atau eksplorasi dan pada saat itu ada penjajah kolonialisme yang sekarang pun masih ada.

Bentuk penjajahannya, kalau ada yang masuk dalam bentuk baru contohnya nikel, misalnya pak Jokowi katakan, dulu ada kerja paksa, ada jual paksa, sekarang kita ambil, tapi masih ada saja informasi yang berbeda tersebut, ini contoh-contoh yang harus dilawan oleh ideologi kita.

Jadi saya salut buat presiden, ini adalah harta kita, tidak boleh dimanfaatkan oleh orang lain dan untuk sebanyak-banyaknya kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia, jadi kalau ingat UUD 45 tahun ’45 founding fother kita sudah memikirkan kekayaan bumi kita adalah untuk kepentingan seluruh rakyat dan bangsa di Indonesia.
.
Ia berharap agar kita semua bergotong-royong, bekerja sama mengembangkan dan menggairahkan, mendidik kembali dan menyadarkan kembali kepada para generasi muda milenial dan terakhir ada generasi ” Z ” mengenal peradaban dunia terutama di negri yang kita cintai ini dengan penuh keragaman, persatuan dan kesatuan NKRI.

Acara Dies Natalis ke-76 Gerakan Pemuda Marhaen juga menyampaikan pernyataan aspirasinya dengan mwmverikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024, kemudian melantik Ketua bersama pengurus DPD dan DPC GPM se – Jabodetabek, di tutup dengan pemotongan tumpeng. (Bg)

baca juga

Wakil Walikota Depok Jadi Irup di Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2022

Yeni

Bahas Pengurus dan Anggota, Ormas Timur Indonesia Bersatu Kota Depok Gelar Rakor

Yeni

Hormati Putusan MK, Organisasi Wartawan Tetap Di Dewan Pers

Yeni