SOSIAL

Kabar Baik Bagi Pencari Kerja, Rekrutmen Bersama Segera Dibuka

SJNews.com,- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan segera membuka pendaftaran rekrutmen bersama BUMN (RBB) pada Maret 2024

Hal itu disampaikan dalam konferensi pers “Rekrutmen Bersama BUMN Tahun 2024” yang digelar di Media Center, Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (22 Maret 2024).

Dalam acara tersebut, disampaikan komitmen Pemerintah melalui BUMN untuk terus membuka lapangan pekerjaan melalui proses seleksi yang lebih baik dan semakin transparan.

Tedi Bharata sebagai Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN mengatakan, Kementerian BUMN akan terus menciptakan lapangan pekerjaan di Indonesia.

Ini merupakan bagian dari proses transformasi BUMN yang berkelanjutan.

“Kami dari Kementerian BUMN dan mitra kami dari FHCI , ingin menginformasikan Program Rekrutmen Bersama BUMN Tahun 2024.

“Sesuai yang disampaikan Pak Menteri (BUMN) beberapa hari lalu pada rapat bersama DPR, bagaimana BUMN secara grup menghasilkan laba Rp292 Triliun untuk tahun 2023 dan dividen kita pada tahun 2023 sebesar Rp81,2 triliun.

“Dengan potensi usaha atau bisnis BUMN yang semakin berkembang, kita memerlukan tambahan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung program kerja atau rencana kerja dari BUMN,” ujar Tedi

Tedi menambahkan, sebagai bentuk kolaborasi antar BUMN, RBB memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas dan standardisasi rekrutmen yang dilakukan di BUMN Group sehingga BUMN pada akhirnya mendapatkan talenta terbaik sesuai kebutuhan perusahaan.

Perbaikan dan pengembangan dari RBB terus dilakukan, selain tetap mempertahankan Tes core values AKHLAK, terdapat terobosan lain yang dilakukan seperti tes Learning Agility dan Tes Wawasan Kebangsaan untuk memastikan para kandidat dapat memberikan kontribusi terbaik tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga untuk Bangsa Indonesia.

BACA JUGA :   BPJS Ketenagakerjaan Teken Perjanjian Kerja Sama

Tedi menjelaskan, beberapa lowongan dibutuhkan untuk BUMN diantaranya bidang pemasaran yang membutuhkan SDM paling besar, disusul dengan bidang operasional, engineering, dan Teknologi Informasi (IT).

Kemudian untuk proses seleksi RBB 2024 sudah menerapkan sistem gugur di setiap tahapannya.

Serta Informasi RBB sangat mudah di akses di halaman websiterekrutmen, email, telegram, call center WhatsApp bisnis FHCI, serta helpdesk yang nantinya akan membantu calon peserta memahami seluruh proses dan tahapan seleksi secara lebih baik.

“Kami sangat transparan, seluruh peserta dapat mengakses informasi tentang tahapan tes, bobot penilaian dan batas lulus secara lengkap dan jelas di website.

“Sistem gugur otomatis berlaku bagi peserta yang terdeteksi melakukan kecurangan oleh sistem proctoring kita di setiap tahapan tes manapun,” tegasnya.

Sebagai informasi, Rekrutmen Bersama akan dibuka pada 23 Maret 2024 dengan tahapan tes yaitu, TKD (Tes Kemampuan Dasar), AKHLAK, dan Bahasa Inggris yang kemudian dilanjutkan dengan seleksi pada masing-masing BUMN.

Selain itu, sebagai penyempurnaan tahun ini dilakukan pula Tes Wawasan Kebangsaan dan Learning Agility.

Sebanyak lebih dari 100 BUMN kembali berpartisipasi dengan membuka lapangan pekerjaan sejumlah 688 Lowongan untuk 1.830 Posisi. (Hisan)

baca juga

Efek Kenaikan BBM, 9.000 KPM di Kota Depok Bakal Terima BLT

Yeni

Walikota Depok Resmikan Taman Sehat Tematik Bawah Fly Over ARH

Yeni

Sistem Drive Thru, Rutan Kls 1 Depok Buka Layanan Penitipan Makanan Khas Lebaran

Yeni