SOSIAL

Festival Lomba Melukis Payung Geulis Capai Rekor Muri

TASIKMALAYA, SJNews.com,-
Sejumlah siswa/siswi melukis payung geulis pada acara pagelaran Festival Lomba Melukis dan Rekor
Melukis 2022 Payung Geulis se Jawa Barat yang berlangung di kampus SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya, Sabtu (19/3/2022) lalu.

Seperti dikutip, Melukis di payung geulis ini merupakan Warisan Budaya Takbenda (WBTb), dapat memecahkan Rekor MURI dengan melibatkan peserta sebanyak 2350 secara langsung maupun daring.

Menurut kepala SMAN 10 Tasikmalaya, Dr H Yonandi, S.Si, MT, sekolahnya sudah melakukan konsep program kurikulum PKW yang mana merupakan layanan pendidikan melalui kursus serta pelatihan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan serta menumbuhkan sikap mental kewirausahaanya dalam pengelolaan potensi diri juga pada lingkungan.

Program PKW ini juga melibatkan bidang rekayasa, Pengolahan, Budidaya dan Kerajinan, dibidang kerajinan diselipkan pembuatan payung geulis, bagimana cara membuat rangka payung, dibalut kain satin, dan setelah itu diserahkan kepada guru seni budaya untuk dilukis.

Setelah itu digiring ke seni musik untuk menggoyangkan Payung Geulis tersebut, tadi sudah ada pertunjukan 100 siswa dan pemusik angklung sehingga ada kolaborasi payung geulis dan angklung.

“Kegiatan Festival Payung Geulis ini merupakan kolaborasi dengan para pengrajin Payung Geulis yang berada di Kota Tasikmalaya sehingga melahirkan Rekor MURI.

Kami ingin melestarikan serta menciptakan generasi payung geulis agar ikon Kota Tasikmalaya tidak punah.

BACA JUGA :   Rasa Penuh Khidmat Ka' Rutan Kls 1 Depok Beserta Jajaran & Warga Binaan Sholat Idul Fitri 1443 Bareng

Karena itu lanjutnya, siswa/siswi disini kurang lebih sebanyak 70 persen tidak melanjutkan ke tingkat sekolah selanjutanya, maka dari itu kita akan arahkan ke life skill, selain itu juga payung ini butuh dipromosikan lebih luas lagi agar dikenal di tingkat nasional maupun internasional,” ucapnya

Di kesempatan itu, seorang peserta dari SMAN 9 Kota Tasikmalaya yang diwakili oleh guru seni budaya Hendar katakan, kami dari SMAN 9 Kota Tasikmalaya dengan kegiatan ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga buat kami dalam mengikuti lomba melukis payung geulis dan rekor MURI 2022 di Kota Tasikmalaya yang di gelar di SMAN 10 Kota Tasikmalaya.

Alhamdulilah sangat luar bisa dalam pelaksana kegiatan kali ini berjalan tertib aman lancar antusias dari masyarakat maupun dari peserta lomba melukis ini sangat antusias sekali.

Kami mengucapkan banyak berterima kasih kepada keluarga besar SMAN 10 Kota Tasikmalaya sudah memberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari Festival Lomba dan Rekor Melukis 2022 Payung Geulis, peserta dari SMAN 9 berjumlah 20 orang ditambah guru pembimbing 3 orang.

Kami di sini bukan menargetkan juara tetapi kami berpartisipasi dan merasa bangga dengan adanya kegiatan seperti ini, ujarnya (**)

baca juga

Idul Fitri 2022, Warga Binaan Rutan Kelas 1 Cilodong Dapat Remisi, Bersyukur dan Terimakasih bisa Berkumpul dengan Keluarga

Ade Darmansyah

Danrem 061/Sk Bersama Bupati Resmikan Pembangunan Rehab Rumdis Kodim 0621/Kabupaten Bogor

Ade Darmansyah

LAKSI Dukung Ditlantas PMJ Siapkan Balapan Motor Resmi Untuk Pembalap Jalanan

Ade Darmansyah