OLAHRAGA

Piala Dunia U-17 Indonesia Vs Ekuador Berimbang 1-1, Bikin Sport Jantung

SEPAK BOLA, SJNews.com,- Bikin jantung berdebar-debar, akhirnya selesai sudah pertandingan Timnas Indonesia vs Timnas Ekuador di Piala Dunia U-17 2023. Skor akhir adalah 1-1.

Pertandingan pertama Grup A yang dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (10/11/2023) malam WIB, Indonesia didominasi oleh Ekuador yang membuat 16 attempts dengan enam mengarah ke gawang

Tim Garuda muda Indonesia yang cuma punya dua attempts on target mampu bikin gol duluan pada menit ke-22 lewat Arkhan Kaka Purwanto. Enam menit kemudian Allen Obando menyamakan skor.

Baru dua menit laga berjalan, gawang Indonesia nyaris bobol. Yang pertama dari upaya kapten Ekuador Michael Bermudez yang melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Bola bisa ditepis Ikram Al Giffari sebelum diamankan.

Tak lama kemudian pertahanan Indonesia kembali terbuka dan memudahkan Ekuador mendapatkan ruang tembak. Kali ini dari Keny Aroyo tapi masih melebar.

Ekuador memang lebih menguasai pertandingan selama lima menit awal, meski Indonesia sempat mencapai kotak penalti lawan sebelum dihentikan.

Indonesia menciptakan peluang pertamanya pada menit kesembilan dari kaki Jehan Pahlevi dan Kafiatur Rizky, tapi masih melayang di atas mistar.

Indonesia perlahan mulai bisa menyentuh pertahanan Ekuador dengan mengandalkan permainan dari sisi sayap. Pada menit ke-16, Figo Dennis punya kans untuk mencetak gol, tapi sepakannya belum menemui sasaran

Semenit kemudian giiran Kafiatur Rizky, yang hasilnya sama saja, belum dapat membahayakan gawang Ekuador yang dikawal Cristian Loor.

Indonesia! Tuan rumah secara mencetak gol pada menit ke-22 lewat Arkhan Purwanto. Diawali serangan dari sisi kiri yang dibandung Riski Afrisal, bola kemudian dikirim ke depan gawang.

Loor gagal menggapai dan Arkhan dengan mudah mencocor bola untuk membawa Indonesia memimpin 1-0.

Ekuador menyamakan skor 1-1 enam menit kemudian lewat Allen Obando. Dari sisi kanan, bola dikirimkan ke depan gawang dan ditanduk Obando dengan tanpa bisa dihalau Ikram Al Giffari.

Setelah melewati setengah jam, pertandingan relatif sengit dengan Indonesia berupaya meredam gelombang serangan Ekuador.

Gawang Indonesia sempat bobol pada menit ke-44 setelah Jair Collahuazo mencocor bola dari jarak dekat dalam situasi kemelut di kotak penalti. Ikram sempat menepisnya tapi malah masuk ke gawang, ini membuat jantung berdebar – debat, untung tak masuk.

Selebrasi Ekuador cuma bertahan sesaat setelah gol itu dianulir VAR, karena Collahuazo terjebak offside.

Skor 1-1 menutup babak pertama Indonesia vs Ekuador.

BACA JUGA :   Piala Dunia Qatar 2022, Brasil Vs Serbia: Brace Richarlison Bawa Selecao Menang Lawan Serbia Skor 2-0

Masuk di babak kedua, Indonesia coba mengambil inisiatif serangan di awal. Umpan terobosan ke kotak penalti nyaris digapai Arkhan andaikan tidak cepat digapai Loor.

Ekuador juga hampir menjebol gawang Indonesia pada menit ke-54 ketika crossing ke tiang jauh disundul Obando menuju depan gawang. Michael Bermudez coba menggapai bola tapi sepakannya melebar, setelah diganggu bek Indonesia.

Semenit setelahnya Bermudez kembali punya peluang emas di depan gawang, saat menyambut umpan silang dari sisi kiri. Sayang, bola sontekannya tidak menemui sasaran.

Ekuador masih menguasai jalannya laga dan tak memberikan Indonesia kesempatan mengembangkan permainan. Mereka bisa mengancam gawang tuan rumah pada menit ke-72 saat Bermudez menanduk bola umpan silang dari sisi kanan dan bisa ditepis Al Giffari sebelum ditangkap.

Indonesia akhirnya bisa mengancam lagi pada menit ke-74 yang merupakan peluang berbahaya pertama di babak kedua ini. Berada jauh dari kotak penalti, Hanif Ramadhan menembak bola yang jatuh di depannya meski masih melebar dari gawang.

Ekuador hampir bikin gawang Indonesia bobol andaikan Santiago Sanchez pada menit ke-80 tak mengarahkan bola umpan rekannya ke mistar gawang. Tapi, peluang itu akhirnya dihitung karena terjebak offside.

Pemain Ekuador Keny Aroyo mendapat kartu kuning pada menit ke-85 karena dianggap diving, saat ditekel Welber Jardim.

Al Giffari kembali menyelamatkan gawangnya dari kebobolan pada menit ke-88. Free kick Aroyo dari sisi kanan mengarah langsung ke gawang, tapi bola bisa ditepis Al Giffari.

Wasit memberi tambahan waktu 13 menit di babak kedua karena beberapa insiden yang terjadi. Al Giffari masih sigap untuk mengamankan bola sundulan pemain Ekuador dari situasi korner.

Ekuador terus berupaya menambah gol di sisa injury time yang terbilang panjang sebanyak 13 menit penambahan waktu, tapi tidak ada gol tercipta lagi sehingga laga selesai 1-1.

Susunan pemain

Indonesia: Ikram Al Giffari, Andre Pangestu (Rizdjar Nurviat 44′), Figo Dennis (Hanif Ramadhan 65′), Iqbal Gwijangge, Sultan Zaky, Welber Jardim, Kafiatur Rizky (Tonchi Shouter 73′), Rizky Afrisal, Ji Da-bin (Achmad Zidan 72′), Jehan Pahlevi (Nabil Asyura 65′), Arkhan Kaka

Ekuador: Cristian Loor, Jair Collahuazo, Ivis Davis, Jesos Polo, Elkin Ruiz (Yorkaeff Caicedo 91′), Jairo Reyes (Erick Zambrano 76′), Juan Rodriguez, Keny Arroyo (Geremy de Jesus 91′), Allen Obando, Santiago Sanchez (Isaac Sanchez 91′), Michael Bermudez (Yandri Vasquez 76′)

(By)

baca juga

Pialla Dunia Qatar 2022, AS Vs Wales Imbang Skor 1 – 1

Yeni

Prediksi Laga Inggris vs Prancis Untuk lolos ke Semi Final Piala Dunia 2022

Yeni

FIFA World Cup Qatar 2022, Inggris Kalahkan Iran 6 – 2

Yeni