POLITIK

Pilkada 2024 : 6 Parpol Depok Koalisi Sama – Sama Dukung SS, Lawan PKS

SJNews.com,- Suhu politik jelang Pemilihan Walikota Depok mulai memanas, kekuatiran menang atau kalah di Pilkada 2024 tergantung dari si pemilihnya, karena tidak ada yang mustahil di dunia politik.

Deklerasi Koalisi Sama-sama, 6 partai politik kota Depok deklarasi dukung Supian Suri berlangsung Ballroom 1, Hotel Margo Jl, Margonda Raya Rabu, (8/4/2024)

Koalisi sama -sama upaya meng optimalisasi peran partai dalam perubahan Kota Depok

Partai yang tergabung dalam koalisi 6 parpol diantaranya,

  1. Partai Gerindra
  2. Partai PDIP
  3. Pantai PKB
  4. Partai PPP
  5. Partai Demokrat
  6. Partai PAN.

Selain PSI, 6 ketua parpol Depok ini dihadapan puluhan wartawan menyatakan sikap mendukung Supian Suri (SS) yang masih menjabat Sekretaris Daerah statusnya masih Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintahan Kota Depok.

Supian Suri (SS) dicalonkan sebagai Walikota Depok akan menggunakan 6 parpol sebagai kendaraan politiknya maju dalam Pilkada serentak pada 27 Nopember 2024.

Berikut sambutan Pradi Supriatna Ketua DPC P, Gerindra mengatakan, masyarakat Depok sangat heterogen dan membutuhkan perubahan, untuk itu dibutuhkan roadmap untuk membangun Kota Depok dalam kurun waktu lima, 10 bahkan 100 tahun ke depan.

Tentu, persiapan itu harus dilakukan secara matang, baik kesiapan infrastruktur maupun teknologinya,” pungkas mantan wakil walikota yang juga KETUA DPC P, Gerindra Kota Depok ini..

Dengan dideklarasikannya Koalisi sama – sama dukung SS, ia berharap, Depok lebih baik dan maju ke depan dengan kolaborasi antara pemerintah Pusat dan Provinsi.

Ketua DPC PDIP Kota Depok, Hendrik Tangke Allo dihadapan wartawan menerangkan bahwa PDIP telah mengusulkan satu nama, yakni Supian Suri (SS), untuk menjadi Calon Wali Kota (Cawalkot) Depok.

“Dari kacamata, PDIP melihat sosok SS yang bisa membawa perubahan untuk Kota Depok, seba. Track Record SS tidak diragukan lagi, karena tegas maka, SS perlu dukungan Parpol sesuai amanat UU, Calon Kepala Daerah harus di usung oleh Parpol.

Sementara, Ketua DPD PAN Kota Depok Igun Sumarno menyatakan, bahwa koalisi ini tidaklah mudah untuk mengumpulkan para ketua partai politik.

Kami datang ke sini dengan hati yang ikhlas dan ridho, untuk memenangkan pertempuran. Alhamdulillah, surat rekomendasi dari PAN sudah keluar dari DPP untuk Supian Suri,” jelasnya.

BACA JUGA :   Partai Buruh Kota Depok Daftarkan 50 Caleg ke KPU, Serukan Jaminan Sosial Buruh

Dikesempatan itu, Ketua DPC PPP Kota Depok Mazhab HM mengatakan, koalisi ini sudah saatnya untuk melakukan perubahan di Kota Depok.

“Dari itu, kami mengajak seluruh teman-teman di Koalisi Sama Sama, untuk berkomitmen mengusung dan mengawal calon wali-wakil wali kota yang kita usung nanti. Kalau bukan sekarang, kapan lagi mau melakukan perubahan,” tandas, anggota dewan 6 periode..

Usai sambutan – sambutan, Ketua – ketua parpol inibersama – sama membaca Deklarasi Koalisi SS yang di pimpin oleh Ketua DPC PKB M. Faizin.

Deklarasi koalisi sama – sama, meski tak di hadiri oleh Supian Suri
calon Walikota Depok yang di dukung 6 parpol kota Depok namun tampak di hadiri oleh Nuroji selaku Dewan Pembina DPC Partai Gerindra Kota Depok dan sejumlah pengurus Parpol Koalisi SS.

Enam parpol yang melakukan deklarasi itu, secara keseluruhan telah memenuhi syarat untuk mengusung calon walikota-wakil wali kota.

Pasalnya, untuk mengusung Cawalkot dan Wakilnya, Parpol pengusung minimal harus mempunyai 20 persen, dari 50 kursi di DPRD Depok atau minimal 10 kursi DPRD Kota Depok.

Diketahui, pada Pileg 2024 lalu, Partai Gerindra mendapatkan 8 kursi, PDIP 6 kursi, Partai Demokrat 5 kursi, PKB 5 kursi, PPP dan PAN masing-masing 2 kursi. Total keseluruhan Koalisi Parpol tersebut, mencapai 28 kursi kemungkinan akan terus bertambah.

Dengan kekuatan jumlah kursi tersebut, Koalisi tentu akan menjadi kekuatan besar yang masing – masing parpol punya konstituennya.

Oparis Simanjuntak ketua DPC PSI kota Depok menerangkan bahwa DPC PSI hadir di koalisi sama-sama ini sebagai undangan.

” kalau soal dukung mendukung usulan calon walikota, PSI harus berkoordinasi dengan DPP dan terdaftar di DPP dahulu, nanti ditentukan oleh DPP dan dikeluarkan rekomendasi.

” DPC PSI Kota Depok hanya mengusulkan, DPP yang menentukan, karena kendaraan akan dipakai dalam kontestasi Pilkada 2024..” (Bg)

baca juga

Golkar-PAN Resmi Dukung Prabowo Semakin Mulus Melenggang Jadi Capres 2024

Yeni

PKB Kota Depok Inginkan Perubahan, Resmi Daftarkan 50 Bacaleg Duduk Di Parlemen

Yeni

Soal Mosi Tidak Percaya Kartu Depok Sejahtera, Wakil Walikota Depok Bertanggungjawab, ini katanya

Yeni