TNI - POLRI

Kampung Pancasila Untuk Hidup Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara Republik Indonesia

DAERAH, SJNews.com,– Semangat Pencanangan kampung Pancasila yang di prakarsai oleh Koramil 11/ Sidareja atas intruksi dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Caruy Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap. Dusun Karang Jambu RT 02 RW 04, Rabu (18/5/2022).

Dalam sambutan Kapten lnfantri Agus Wantoro Danramil 11/ Sidareja mengatakan, belakangan ini maraknya faham radikalisme akhir-akhir ini dengan atas saran dan arahan menginginkan terbentuknya kampung-kampung Pancasila secara masif ditiap kecamatan, katanya.

Agus Wantoro berharap, minimal satu kecamatan ada satu kampung Pancasila. Oleh karena itu bagi Kecamatan yang belum terbentuk, agar segera melaksanakanya.

Sementara tujuan pembentukan kampung Pancasila ini menurut Danramil ialah untuk mengajak masyarakat, khususnya kaum muda dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Dimana kaum milenial ini adalah sebagai generasi penerus bangsa yang akan menentukan arah kemajuan negara ini di masa mendatang, serta agar tidak mudah diombang ambingkan oleh pengaruh utamanya faham radikalisme. Sehingga dengan dibentuknya kampung Pancasila ini diharapkan menjadi wadah dan sarana pengamalan nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara yang mengandung sendi-sendi budaya bangsa.

Pada kesempatan itu, Pancasila harus tertanam dalam hati, dibaca, dipahami, dihayati dan diamalkan, karena disana terkandung nilai dasar bagi kehidupan manusia, yang bisa diterapkan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

BACA JUGA :   Mabes Polri Peduli Bencana, Gandeng SEPMI Salurkan Bantuan ke Masyarakat Terdampak

“Pancasila harus tertanam dan terpatri dalam hati, dibaca, dipahami, dihayati dan diamalkan, karena disana terkandung nilai dasar bagi kehidupan manusia, yang bisa diterapkan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” sebutnya.

Agus, menekankan, bahwa Pancasila adalah ideologi bangsa, yang wajib dijiwai, dipertahankan, dan dilaksanakan dalam setiap aspek kehidupan.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa menjaga harmoni kehidupan, serta mengedepankan semangat kebersamaan, toleransi, persatuan, dan kesatuan yang akan membentengi kita dari potensi perpecahan”. Imbuhnya.

Semoga ini bisa menjadi role model bagi desa lainya, sesuai saran dan arahan KASAD, yang menginginkan terbentuknya Kampung-kampung Pancasila secara masif ditiap-tiap Kecamatan, berarti minimal satu kecamatan satu, jadi monggo bagi Kecamatan yang belum ada, agar segera dibentuk supaya tiap Kecamatan memiliki kampung Pancasil,” pungkasnya.

Dikesempatan itu, Ahmad Husin,S.Sos. Camat Cipari menambahkan, diilhami dari nilai luhur Pancasila masyarakat kecamatan Cipari sudah mengimplementasikapnya dalam kehidupan sehari hari, yang salah satunya ditunjukan dari lima desa yang dikukuhkan hari ini sebagai kampung Pancasila yang mana dengan keberagaman dan kebhinekaan yang ada didalam kehidupan masyarakatnya namun mampu menjaga persatuan dan kesatuan, kebersamaan dan kedamaian dalam nuansa nilai luhur Pancasila.

“Saya berpesan, Sekolah Pancasila wajib dimanfaatkan secara optimal, untuk membentuk jiwa-jiwa dan kepribadian Pancasilais dalam diri anak-cucu kita, sebagai pemegang tonggak kepemimpinan dimasa depan,” seraya ujarnya. (Beln)

baca juga

Ditlantas Polda Metro Jaya Beri Layanan Prima ke Masyarakat Mengurus SIM

Yeni

Polsek Tanjung Duren, Grogol Bentuk Satgas Anti Tawuran Hingga di tingkat RW

Yeni

Mabes Polri Peduli Bencana, Gandeng SEPMI Salurkan Bantuan ke Masyarakat Terdampak

Yeni