PERISTIWA

Jaksa Agung Tahan Menteri Kominfo Johnny G Plate Tersangka Korupsi Dana BST Senilai 8,32 Triliun

SJNews.com, – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4 dan 5 Bakti Kementerian Kominfo tahun 2020-2022. Menkominfo langsung ditahan.

“Tim penyidik hari ini telah meningkatkan status yang bersangkutan (Johnny G Plate) dari saksi menjadi tersangka,” jelas Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung, Kuntadi kepada wartawan, Rabu, 17 Mei 2023.3

Penetapan tersangka itu dilakukan usai Johnny G Plate diperiksa pada hari ini. Kemudian, dari proses pemeriksaan itupun ditemukan alat bukti yang cukup dalam hal keterlibatannya.

“Setelah KAMI evaluasi, kami simpulkan telah terdapat cukup bukti yang bersangkutan diduga terlibat di dalam peristiwa tindak pidana korupsi proyek pembangunan infrastruktur BTS 4G paket 1, 2, 3, 4, dan 5,” katanya.

Dengan penetapan tersangka ini, Sekjend DPP NasDem itupun langsung ditahan. Ia bakal ditempatkan di rumah tahanan (rutan) Salemba cabang Kejaksaan Agung.

“Penahanan untuk 20 hari ke depan di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Agung,” tandas Kuntadi.

Kasus korupsi BTS Kominfo bermula dalam rangka memberikan pelayanan digital di daerah terdepan, terluar dan tertinggal saat Kominfo membangun infrastruktur 4200 site BTS.

Dalam pelaksanaan perencanaan dan pelelangan terbukti bahwa para tersangka telah merekayasa dan mengkondisikan, sehingga di dalam proses pengadaannya tidak terdapat kondisi persaingan yang sehat sehingga pada akhirnya diduga terdapat kemahalan harga yang harus dibayar oleh negara.

Dalam kasus ini Kejagung telah menetapkan lima orang sebagai tersangka yakni AAL selaku Direktur Utama Bakti Kominfo, GMS selaku Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia, YS selaku Tenaga Ahli Human Development Universitas Indonesia Tahun 2020, MA selaku Account Director of Integrated Account Department PT Huawei Tech Investment, IH selaku Komisaris PT Solitech Media Sinergy.

BACA JUGA :   Tangki Dipo Pertamina Plumpang, Koja Jakarta Timur. Meladak

Kejaksaan Agung (Kejagung) juga menggeledah kantor dan rumah dinas Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

Penggeledahan dilakukan usai politikus NasDem itu ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4 dan 5 Bakti Kementerian Kominfo tahun 2020-2022.

“Selanjutnya setelah kami lakukan pemeriksaan, kami pada saat ini juga sedang lakukan penggeledahan di rumah kediaman yang bersangkutan di rumah dinas Menteri Kominfo dan di kantor Kominfo,” terang Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung, Kuntadi kepada wartawan, Rabu, 17 Mei.

Penggeledahan itu dilakukan guna mencari alat bukti tambahan. Terutama soal aliran dana dan pihak-pihak lain yang turut terlibat.

Selain itu, pendalaman dugaan itu juga dilakukan dengan terus menggali keterangan Johnny G Plate.

“Hasil dari pemeriksaan ini tentunya akan kita ikuti lagi pemeriksaan pendalaman yang lebih lanjut untuk melihat apakah perkara ini masih bisa kita kembangkan atau tidak,” pungkas Kuntadi.

Dalam kasus ini, Johnny G Plate dipersangkakan dengan Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi, juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Adapun, dalam kasus dugaan korupsi proyek BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4 dan 5 Bakti Kementerian Kominfo tahun 2020-2022, total kerugian negera mencapai Rp8,32 triliun.

Jaksa Agung juga akan mencari tahu aliran dana dan tidak menutup kemungkinan, akan ada yang menjadi tersangka baru. (by)

baca juga

Jalan Raya Sindang Jaya Rusak Parah, Perlu Segera Diperbaiki

Yeni

Dugaan Kuat, Kantor Kontraktor Fiktif, Proyek Pembangunan Kantor Kelurahan Grogol Senilai 5,58 M Disorot

Yeni

Brigjen Junior Tumilaar Kembali Berang, Sebut Sentul City Bogor

Yeni