TNI - POLRI

Kodam III/Siliwangi Gelar Apel Siaga Brigade Alsintan Untuk Ketahanan Pangan Di Jawa Barat

SJNews.com,- Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT., bersama Menteri Pertanian Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P., didampingi Aster Panglima TNI Mayjen TNI Novy Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P., dan Waaster Kasad Brigjen TNI Heri Susanto serta Wakapolda Jabar Brigjen Pol Bariza Sulfi, S.IK., menggelar Apel Siaga Brigade Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) dalam rangka peningkatan luas tanam dan produksi pertanian melalui kegiatan pompanisasi di Provinsi Jawa Barat berlangsung di Lapangan Makodam III/Siliwangi Jl. Aceh No.69 Kota Bandung Jawa Barat, di kutip, Selasa (07/05/24).

Dalam sambutan Pangdam III/Slw menyampaikan terima kasih kepada Mentan RI atas dukungan Dinas Pertanian terhadap alat dan mesin pertanian khususnya yang terkait dengan pompanisasi untuk seluruh wilayah Jawa barat.

Mayjen Fadjar juga menjamin bahwa seluruh jajaran Kodam III/Slw baik Korem maupun Kodim akan senantiasa membantu dan menjadi pengayom masyarakat khususnya para petani dalam rangka untuk mencapai ketahanan pangan nasional.

“Hari ini kita menerima alat dan mesin pertanian, diantaranya mesin pompa. Bantuan tersebut merupakan awal dan akan kita terima lagi pada waktu yang akan datang dari Kementerian Pertanian. Semoga kita lebih giat dan bersemangat dalam menjalankan program ketahanan pangan di wilayah,” lanjut Pangdam.

BACA JUGA :   Samsat atau One Roof System Memperlancar Pelayanan Untuk Pengurusan Dokumen Kendaraan Bermotor.

Sementara itu dalam kegiatan Apel Siaga Brigade Alat dan Mesin Pertanian, Mentan RI menguraikan tentang pentingnya pemerintah menangani persoalan pangan dihadapkan pada situasi global. Dimana krisis pangan akan berdampak terhadap krisis politik hingga konflik sosial sehingga sangat sulit menanganinya.

“Petani adalah pahlawan pangan negara Republik Indonesia. Para petani merupakan pahlawan, karena dengan meningkatkan produktifitas pertanian akan meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia,” sebut Mentan RI.

Menteri Pertanian RI juga menjamin terhadap ketersediaan dan pasokan pupuk bagi petani dengan menambah kuota sesuai kebutuhan petani serta proses pengambilan yang lebih mudah, yaitu cukup hanya dengan menggunakan KTP.

Pompa yang diserahkan untuk para petani di Jabar sejumlah 2.716 unit dan akan ditambah hingga 10.000 unit. Diharapkan pompa yang sudah diserahkan dapat segera dipasang dan operasional untuk menghadapi musim kemarau dan dampak serius dari El- Nino, sehingga target produksi pertanian di Jabar tercapai.

Usai Apel Gelar Alsintan, Mentan RI melepas keberangkatan distribusi Alsintan ke seluruh wilayah Kabupaten/Kota sesuai dengan Korem dan Kodim jajaran Kodam III/Slw di wilayah Jawa Barat. (**)

baca juga

Ada Kebijakan Baru, ASN Bisa Isi Jabatan TNI-Polri

Yeni

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Dukung Aparat Tak Represif Kepada Mahasiswa

Yeni

Polri Akan Tindak Toko Kelontong Bila Ditemukan Jual Obat Daftar “G” ini call centernya

Yeni