DAERAH

Bakal Segera Ada Pemekaran Kabupaten di Jawa Barat

SJNews.com,— Usulan pemekaran Kabupaten di wilayah Jawa Barat sudah diterima Kemendagri.Jika disahkan, Jawa Barat akan memiliki tambahan Kabupaten baru.

Sebuah Kabupaten di Jawa Barat yang memiliki kecamatan terbanyak.Sudah ada 18 kecamatan yang siap bergabung dengan calon Kabupaten baru Jawa Barat ini.

Usulan calon Kabupaten baru bagi Jawa Barat ini dirasa sangat perlu. Terlebih jika dilihat dari luas wilayah induk kabupaten yang akan dimekarkan jadi daerah otonom baru Jawa Barat itu. Calon Kabupaten di Jawa Barat yang dimaksud yakni Kabupaten Jampang.

Kabupaten Jampang akan menjadi Kabupaten baru di Jawa Barat hasil dari pemekaran Kabupaten Sukabumi.

Kabupaten Jampang diusulkan untuk mekar dari Kabupaten Sukabumi dan membentuk daerah otonom baru untuk Jawa Barat.

18 Kecamatan akan ikut serta dalam Kabupaten Jampang usai dimekarkan dari Kabupaten Sukabumi.

Berikut daftar 18 kecamatan yang siap bergabung dengan calon daerah otonom baru Jawa Barat yakni Kabupaten Jampang.

  1. Kecamatan Cidadap
  2. Kecamatan Lengkong
  3. Kecamatan Jampang Kulon
  4. kecamatan Cibitung
  5. Kecamatan Jampang Tengah
  6. Kecamatan Ciemas
  7. Kecamatan Ciracap
  8. Kecamatan Nyalindung
  9. Kecamatan Cimanggu
  10. Kecamatan Pabuaran
  11. Kecamatan Kalibunder
  12. Kecamatan Waluran
  13. Kecamatan Purabaya
  14. Kecamatan Cidolog
  15. Kecamatan Sagaranten
  16. Kecamatan Tegal Buleud
  17. Kecamatan Curugkembar
  18. Kecamatan Surade

Itulah 18 kecamatan yang telah siap bergabung dengan calon daerah otonom baru Jawa Barat, Kabupaten Jampang.

Setelah itu, menyusul Kabupaten Bogor yang akan dilakukan pemekaran menjadi Kabupaten Bogor Barat dan Bogor Timur.

Pemekaran Kabupaten Bogor Timur, dengan wilayah mencakup 776 kilometer persegi menjadi solusi untuk mengurangi kepadatan penduduk. Diproyeksikan jumlah penduduknya sebesar 1,08 juta jiwa berdasarkan BPS dengan 40 Kecamatan, 19 Kelurahan, dan 416 Desa.

BACA JUGA :   Babinsa, Pembinaan dan Pelatihan Terhadap Linmas Penting Untuk Ketahanan Wilayah

Rencana pemekaran akan menyusutkan wilayahnya menjadi 1.085 kilometer persegi dengan 19 kecamatan, 175 desa, dan 19 kelurahan.

terwujudnya pelayanan publik yang lebih baik dan pembangunan yang merata. Kabupaten Bogor akan dilakukan pemekaran menjadi Kabupaten Bogor Barat dan Bogor Timur.

Pemekaran Kabupaten Bogor Timur, dengan wilayah mencakup 776 kilometer persegi menjadi solusi untuk mengurangi kepadatan penduduk. Diproyeksikan jumlah penduduknya sebesar 1,08 juta jiwa berdasarkan BPS 2022.

Kabupaten Bogor Timur terdiri dari 7 Kecamatan, dan 75 Desa. Kecamatannya meliputi Kecamatan Gunung Putri, Kelapa Nunggal, Cileungsi, Sukamakmur, Jonggol, Cariu, serta Tanjungsari dengan ibu kota yang diusulkan adalah Kecamatan Jonggol.

Begitu juga dengan Bogor Barat, yang berencana menempati 14 kecamatan dan 166 desa dengan ibukota di Cigudeg. Kecamatan di kabupaten ini meliputi Cibungbulang, Ciampea, Dramaga, Cigudeg, Jasinga, Leuwiliang, Leuwisadeng, Pamijahan, Nanggung, Parung Panjang, Sukajaya, Rumpin, Tenjo, dan Kecamatan Tenjo Laya.

Sampai saat ini, upaya pemekaran Kabupaten Bogor masih terus digulirkan. Update terbaru, usulan ini sudah disetujui sampai level pemerintahan provinsi.

Persetujuan Gubernur Jawa Barat pada awal tahun 2021 menjadi langkah penting dalam proses pemekaran ini. Di awal 2021 lalu, Gubernur Jawa Barat kala itu Ridwan Kamil telah menyetujui usulan pemekaran Kabupaten Bogor. Usulan tersebut sudah memenuhi persyaratan dasar dan administratif.

Melalui surat Gubernur tanggal 22 Januari 2021, diusulkan kepada DPRD Provinsi Jawa Barat untuk dilakukan pembahasan persetujuan bersama Gubernur, DPRD dan pemenuhan persyaratan administrasi di level Provinsi,” kata Ridwan Kamil dalam keterangannya pada 16 April 2021.

Pemekaran wilayah tersebut tentunya akan menjadi pekerjaan pemimpin dan wakil rakyat hasil Pemilu 2024.(**)

baca juga

Wali Kota Depok Mohammad Idris Hadiri Rakernas XVI APEKSI Makasar

Yeni

Kembali Diusulkan Pemprov Jabar, Bakal Ada Calon Daerah Otonomi Baru

Yeni

Wakapolres Pimpin Upacara Kenaikkan Pangkat 115 Personel Polres Tangsel

Yeni