PERISTIWA

Musda IX KNPI Kota Depok Diambil Alih KNPI Jabar

SJNews.com- Pelaksanaan Musyawarah Daerah ke – IX Komite Nasional Pemuda Indonesia (Musda IX KNPI) Kota Depok berlangsung di Wisma Kinasih Resort Cilangkap, kota Depok Selasa (21/12/2021) berlanjut.

Saat Pleno berlangsung. Pimpinan sidang memberikan skoor waktu break selama 1 x 15 menit terhadap peserta Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Pengurus Kecamatan KNPI Kota Depok, kemudian pimpinan sidang teng aling – aling langsung bacakan ketua terpilih secara di aklamasikan, bahwa ketua DPD KNPI kota Depok masa bakti 2022 – 2024 sudah terpilih tanpa proses penghitungan suara dan pembacaan dan tanpa ada kata sambutan ketua yang terlah terpiilih.
Pembacaan ketua KNPI Kota Depok yang di aklamasikan oleh pimpinan sidang sempat di komplain oleh peserta, karena ada surta Rekomendasi atau SK OKP dan PK KNPI sebagai pemilik hak suara yang doble, namun pimpinan sidang tetap ngotot membaca serta meng – aklamasikan agar proses ini tercipta ada ketua yang terpilih, disaat itu pula terjadi kekisruhan dan perkelahian di pintu masuk, karena beberapa OKP tidak di kasih masuk ke ruang sidang oleh salah satu ormas sehingga terjadi Qeos.

Braak… pintu masuk di depan terdengar bunyi suara kencang menutup pintu, tampak beberapa OKP yang hendak masuk dalam acara siding pleno dihadang oleh Ormas dan ada insiden pemukulan, situasi menjadi ricuh, panitia SC dan OC berhamburan, meninggalkan tempat sidang menyelamatkan diri.

Kejadian tersebut setelah kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Parawisata (Disporyata) Kota Depok Dadan Rustandi membuka Musda IX bersama Pasiter Dandim 0508 Depok Ibrahim dan MPI KNPI Kota Depok Dodi meninggalkan acara, namun masih ada pihak aparat kepolisisan dan ketua DPD KNPI Tk I Jawa Barat Ridwansyah Yusuf, bersama sejumlah OKP menunggu finalisasi terpilihnya calon ketua menjadi ketua DPD KNPI Kota Depok Masa Bhakti 2021 – 2024.

Terjadi kisruh akibat ketidak puasan para peserta dari berbagai pengurus kecamatan (PK) KNPI dan OKP, karena merasa suaranya dicurangi oleh panitia.
Saat pantauan wartawan di lokasi, pemilihan ketua KNPI dalam Musda IX sebanyak 4 calon akan dipilih oleh OKP dan PK KNPI Kecamatan. ironisnya, yang hadir di Musda KNPI hasil verifikasi panitia sebelumnya sebanyak 77 OKP dan 11 PK – KNPI yang memiliki hak pilih, namun justeru hanya beberapa OKP dan PK saja yang di akomodir,

BACA JUGA :   Brigjen Junior Tumilaar Kembali Berang, Sebut Sentul City Bogor

Panitia hanya memilah yang memenuhi persyaratan saja yang punya hak memilih ketua KNPI masa bhakti 2021 – 2024 tersebut.
Awalnya DPD KNPI Tk II Kota Depok beranggotakan Organisasi Kepemudaan (OKP) sebanyak 63 dengan 11 PK KNPI Kecamatan serta 11 peninjau saat pembukaan Musda yang sempat molor yang di mulai pukul 15.30 wib berlangsung kondusif, setelah sambutan dan dilanjutkan acara sidang pleno mendengarkan laporan pengurus lama diterima, dilanjutkan dengan agenda sidang pleno, banyak intirupsi dari peserta akibat tidak pimpinan sidang tidak aspiratif .


Kejadian Qeos pukul 00.15 wib hari Rabu 22 Desember 2021 di Gedung pertemuan Wisma Kinasih Resort Cilangkap, kota Depok, disaksikan langsung oleh pengurus DPD Tk I KNPI Jawa Barat.

Anehnya lagi, pada saat pembacaan pleno kriteria serta persyaratan pemilihan ketua DPD II KNPI Kota Depok tanpa penghitungan suara, seperti layiknya pemilihan sebelumnya, langsung dibacakan ketua terpilih beserta dukungan suara dari peserta pemilihan ketua di Musda IX KNPI Kota Depok.

Setelah terjadi kisruh di acara Musda IX KNPI Kota Depok pihak DPD KNPI Jawa Baratr memnggiring 4 calon ke salah satu hotel di Cibubur, dan memutuskan Musda IX KNPI Kota Depok diambil alih oleh KNPI Jawa barat dan dinyatakan Musda IX KNPI Kota Depok batal karena di diniali banyak pelanggaran Peraturan Organisasi (PO) dan AD/ART.

Menurut keterangan yang dihimpun, pihak DPD KNPI Tk I Jawa Barat akan mengambil alih Musda IX KNPI Kota Depok terhadap proses pemilihan ketuan di ulang dan akan dilaksanakan di Jawa Barat, siapakah dari 4 Orang atas nama calon yaitu, Eric Yansen, Army Mulyanto, Ass – Shidiq dan Indra Pranata yang pantas menjadi pemimpin organisasi kepemudaan di Kota Depok ini, kita tunggu saja pelantikannya. (Big)

baca juga

Reklame Bodong Tak Bayar Pajak ini Ambruk Timpa Bangunan Rumah Milik Wakil ketua DPRD kota Depok

Yeni

Gempa Magnitudo 6,7 Mencengkam, Bikin Warga Panik Berhamburan Cari Perlindungan

Yeni

Terungkap, Aliran Dana Demo 21 April Lalu, Diduga dari Kelompok Intoleran

Yeni