ORGANISASI

Nurleila Sekdis Diskominfo Kota Depok Apresiasi PWOIN Gelar Diskusi Bersama BPJS Ketenagakerjaan

DEPOK, SJNews.com,- Perkumpulan Wartawan Online Independen (PWOIN) Kota Depok menggelar acara Diskusi dan Lomba Karya Tulis dalam rangkaian memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022.

PWOIN kota Depok mengangkat tema tentang, ” Tantangan Media Online di Era Digital Elektronik.
sub tema, Mencerdaskan Anak Bangsa dengan Inovatif dan kreativitas”, bertempat di Gedung Pemuda KNPI kota Depok Jln, Merdeka Raya, Minggu (27/2/2022).

Kegiatan dihadiri oleh Nurleli Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Depok, Algi Gumilar dari BPJS Ketenagakerjaan, Ade Anggraini, SH.MH Penasehat PWOIN kota Depok, Benny Gerungan ketua PWOIN Kota Depok, Tony Yusep ketua Sekber Wartawan kota Depok, Yulizar perwakilan dari Balai Wartawan Kota Depok serta wartawan dari berbagai media online.

Dalam sambutan Hisan Maulana selaku ketua panitia menyampaikan, kegiatan diskusi serta lomba karya tulis terselenggara berkat dukungan serta partisipatif dari rekan rekan serta mitra PWOIN Kota Depok yang memberikan support mengadakan acara katanya.

“Alhamdulillah, terlaksana juga acara ini, meski di situasi Pandemi Omricon, namun kami tetap bersemangat melaksanakan acara tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak, pungkasnya.

Di keesempatan tersebut, Benny Gerungan ketua PWOIN Kota Depok menerangkan bahwa kegiatan diskusi dan lomba ini merupakan bahagian dari rangkaian HPN 2022.

Selain itu lanjut Benny, acara diskusi dan lomba adalah untuk meng upaya mewujudkan rasa kebersamaan antar wartawan dan masyarakat.

Meski acara diskusi dan lomba ini dilaksanakan dimasa Pandemi, namun PWOIN Kota Depok selalu berinovasi dan berkarya sesuai dengan tugas dan fungsi pers yakni, mencerdaskan bangsa, penghiburan serta pengawasan.

Ketua PWOIN kota Depok ini juga menjelaskan terkait acara diskusi tentang BPJS Ketenagakerjaan, yang mana wartawan adalah seorang warganegara memiliki hak yang sama untuk mendapatkan perlindungan jaminan sosial, apalagi wartawan itu bernaung di perusahan media yang setiap hari meliput di lapangan, bergelut dengan segala kemungkinan kejadian, tentunya harus mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan, terangnya.

Dikesempatan itu, Nurleli Sekretaris Dinas Kominfo Kota Depok mengapresiasi Pantia atas terselenggara rangkaian acara Diskusi, lomba karya tulis dan seni budaya.

Ia juga melihat langsung acara yang di selenggarakan PWOIN sangat tertib, mematuhi protokol kesehatan, tak ada yang melepas masker.

BACA JUGA :   Candra Darusman Nahkodai Yayasan Anugerah Musik Indonesia Gemilang

Nurleli berharap wartawan yang tergabung PWOIN Kota Depok dapat memberikan berita – berita yang mendidik masyarakat (edukatif) tidak mengumbar kebencian dan hoaks, tutur Nurleli Sekdis Diskominfo kota Depok. Acara dilanjut dengan penyerahan sertifikat lomba karya tulis dan penghargaan sebagai bentuk partisipasi panitia terhadap peserta dan juga terhadap miitra wartawan.

Lomba karya tulis memberikan sertifikat terhadap Batman Napitupulu selaku wartawan dan salah satu anggota PWOIN Kota Depok, Diana Hanny wartawati dari unsur eksternal dan Muhammad Artivo Nugroho pelajar dari salah satu SMA Negri O4 Cimanggis kota Depok.

Pemberian penghargaan juga diberikan kepada Walikota Depok Dr. KH. Muhammad Idris, Lc, ketua DPRD Depok Teuku Syahputra, Dinas Kominfo, Disporyata, DPUPR, Rutan Kls, 1 kota Depok, Bank, BRI, BJB dan BNI 46 sebagai bentuk ucapan terima kasih atas bantuan sosial nya.

Setelah penyerahan sertifikat dan penghargaan, kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi tentang BPJS Ketenaga kerjaan yang dibawakan oleh Moderator Wismo Basuki, bersama Algi Gumelar Setya Putra selaku narasumber dari BPJS Ketenagakerjaan.

Acara diskusi sangat menarik karena interaksi dari audens dengan pertanyaan seputar BPJS Ketenaga kerjaan.

Menurut Algi, bahwa ada 2 jenis BPJS Ketenagakerjaan yakni, bagi pekerja penerima upah dan bagi pekerja bukan penerima upah. Ada yang “Formal” dan “Informal”, ungkapnya.

Selain itu, Algi juga menjabarkan soal tentang program serta maanfaat jaminan sosial ketenaga kerjaan dan tata cara mendaftarkan menjadi peserta. Diantaranya tentang Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

Diskusi juga membahas soal Pekerja Bukan Penerima Upah (PBU), tentang Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT)

Disebutkan juga tentang upah, penghasilan, iuran dan maanfaat BPJS Ketenaga kerjaan, urai Algi menjabarkan soal BPJS Ketenaga kerjaan.

Penutupan acara juga dilakukan peniupan lilin sebagai hari jadi PWOIN ke – 2 Tahun yang disambut oleh Ade Anggraini, SH.MH sebagai penasehat PWOIN Kota Depok.

Selamat hari jadi PWOIN Kota Depok yang ke – 2 Tahun, semoga selalu sukses dalam menyampaikan informasi publik yang obyektif, konstruktif dan edukatif dan menjalin kemitraan upaya
lebih maju dan sejahtera. (Yn)

baca juga

Peringati Milad ke-16, Ketum BBR Melantik Ketua DPC dan Jajaran Kepengurusannya

Ade Darmansyah

Kominfo Depok Terima Audensi PWOIN Bahas Persiapan Kegiatan Peringatan HPN

Ade Darmansyah

Kesbangpol Kabupaten Bogor Hadiri Acara Milad BBR ke – 16 dan Pengukuhan ketua DPC BBR.

Ade Darmansyah