SOSIAL

Ramadan Berbagi Kasih, PGI-S Kota Depok Kerjasama ICRP Bagikan Paket Hemat Sembako

DEPOK, SJNews.com,- Persatuan Gereja Indonesia Sekitar (PGI-S) Kota Depok bagikan paket hemat sembako kepada pemulung Kota Depok.

Mangaranap Sinaga Sekretaris Umum Kota Depok mengatakan, menyambut bulan suci romadhon ini, ada sedikit berbagi rasa melalui zonasi kraft hands kerjasama dengan gereja-gereja Indonesia di Kota Depok katanya kepada wartawan, Kamis (31/3/2022) di Lapangan Bulutangkis, Jln, Irian jaya, Depok lama.

Kerja sama ini juga dengan forum kerukunan umat beragama (FKUB) kota Depok peduli terhadap nasib para pemulung yang kesehariannya bekerja dengan sampah.

Meski hanya sedikit kami berikan, minimal pas hari pertama Ramadan ada buat berbuka atau buat sahurnya”, ucap Ranap.

” dari pagi kita sudah mulai bagikan sembako kepada pemulung dan tukang sampah di TPS jalan mawar, karena pagi-pagi mereka sudah mulai menjalankan aktivitas memulung sampah di belakang pasar kemiri muka dianggap paling kumuh dan jorok

Sorenya lanjut Ranap, kami membagikan sembako ke “Kampung Pemulung Kita” persisnya di belakang SMA Negri 1 Depok di Jln, Sarikaya RT, 03 Rw14 Kelurahan Depok tidak jauh dari kantor Walikota Depok. Warganya tergolong susah sehingga kami juga memilih di tempat tersebut.

Masih kata Ranap, rumah tempat tinggal warga pemulung bila malam hujan deras sering didera kebanjiran akibat air situ nya naik, dan mereka juga agak sulit diurus oleh mantan ketua Rw, ternyata beberapa dari mereka yang di tinggal di dekat situ nggak semua punya KTP. Padahal pak Rt setempat yang mengkoordinir pernah bilang, kalau ada rezeki bisa dibagi-bagi kepada pemulung.

Ranap jelaskan, bahwa pemberian sembako sudah diberbagai tempat, sudah banyak yang meminta sembako, mereka juga ingin membantu menyalurkannya. “besok (Jumat 1 April) kita akan mulai bagikan lagi seperti di Kecamatan di Tapos, Cipayung dan di Cinere.

BACA JUGA :   Supaya Tidak Sembarangan Buang Sampah Dijalanan Warga Minta Dipasang CCTV

“besok sudah puasa, jadi besok sore kita dijadwalkan di Cinere jadi bukan hanya di kecamatan Pancoranmas saja, juga ada di tempat pemulung lainnya, seperti Tapos sedang dibagikan sebanyak 120 paket, karena memang mintanya khusus untuk pemulung

Begitu juga ada di tempat pembuangan sampah di depan gereja jalan Sadewa Depok di II, kita berikan sembako ini untuk masyarakat yang kurang mampu, seperti di lingkungan perumahan ini, saya mendengar gaji seorang tukang sampah atau satpam hanya 600 sampai 700 ribu sebulan.

Mangaranap berharap, sembako ini dapat di gunakan untuk berbuka puasa dan bisa menjalani ibadah dengan baik, pungkas dia.

Rio Andrianto dari Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) menambahkan dengan adanya paket “Donasi Ramadan” membantu masyarakat yang membutuhkan dari orang yang mempunyai kelebihan bisa ikut berdonasi melalaui foodcycle atau ke lembaga lainnya

Kurang lebih 25 ribu sembako disalurkan ke berbagai kota. Di Jakarta, food cycle berkerjasama dengan IRCP, hari ini kita bekerjasama dengan PGIS kota Depok yang mendapatkan 2 ribu paket dalam sehari ini hampir 1000 paket di Donasi kan.

“Tadi sudah tersalurkan sebanyak 620 paket sisanya besok di Pasir Putih Sawangan sama cinere, hanya satu kali saja bekerja sama dengan ABC.

Menurut ibu Lena M Ketua RT 003/04 kelurahan Depok, yang dapat sembako yang memberikan foto copy KTP dan KK, sembakonya diberikan kepada warga yang membutuhkan.

Karsiyah (50) warga RT 003 seneng banget dapet sembako ini, justeru bantuan dari BNI saya sekalipun gak dapat, padahal sudah di urus suratnya sejak bulan februari 2021 di kelurahan itupun hanya di kasih ATM saja tapi isi bantuan nya kosong atau gak ada. Pemberian paket hemat sembako berjalan lancar dengan mematuhi protokol kesehatan. (Bg)

baca juga

KPK Terima Audiensi DPP SKPPHI, Bangun Kolaborasi Berantas Korupsi

Ade Darmansyah

Hery Haryanto Azumi Dikukuhkan Sebagai Ketua Harian DPP APKLI, DPW LPPKI DKI Jakarta Siap Bersinergi

Ade Darmansyah

Yayasan Hijrah Hati Insani Indonesia Peduli Kemanusiaan, Bantu Bencana Banjir

Ade Darmansyah