BIROKRASI

Peringati Hari Amal Bakti ke-77, Pemkot Depok Berharap Selalu Bersinergi

,
DEPOK, SJNews.com,-
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH) berharap sinergitas yang selama ini divangun telah terjalin antar Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dengan Kementerian Agama (Kemenag) dan akan terus ditingkatkan dan terpelihara dengan baik.

Disampaikan Imam Budi Hartono Wakil Walikota Depok yang bertepatan dengan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama Tingkat Kota Depok Tahun 2023.

“Saya ucapkan selamat Hari Amal Bakti ke-77 Kementerian Agama. Semoga semakin bersinergi dengan Pemerintah Kota Depok dan terus memayungi kerukunan umat beragama,” paparnya se usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan HAB ke-77 di lapangan Balai Kota Depok, Selasa (03/01/23).

IBH berharap sinergi ini dapat selalu tercipta kedamaian dan kerukunan umat beragama, agar di Kota Depok selalu terjadi kedamaian, kerukunan antar umat beragama,” jelasnya.

Dikesempatan tersebut, kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok, Enjat Mujiat mengatakan bahwa harapan pada peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-77, para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Kemanag Kota Depok dapat selalu kompak dan solid.

“Kedua harus memberikan peran penting di masyarakat karena ASN Kemenag bukan hanya ASN saja, namun juga sebagai pengabdi di masyarakat, maka harus memberikan contoh yang baik,” imvau Enjat usai hadiri Upacara Peringatan HAB ke-77 di lapangan Balai Kota Depok.

Menurutnya, ASN Kemenag Kota Depok harus mampu menjadi pelopor agen moderasi beragama. Yakni untuk memberikan penyuluhan, pemahaman kepada masyarakat bahwa hidup itu harus menjunjung tinggi toleransi.

BACA JUGA :   Menyambut Tahun 2023, Wali Kota Depok, Merotasi 63 ASN, 8 Guru dan 2 Pejabat Inspektirat

“Hidup itu harus di tengah-tengah tidak ke kiri dan tidak ke kanan. Menjaga norma-norma hukum dan menghormati toleransi kepada orang yang beragama,” paparnya.

Selain itu, imbuhnya, pada peringatan HAB tahun ini, Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas juga menyampaikan pesan agar setiap Kantor Kementerian Agama yang ada di daerah untuk senantiasa memberikan inovasi dan terobosan. Dengan begitu, diharapkan mampu memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat.

Menjawab tantangan yang diberikan oleh Menteri Agama, Enjat mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah terobosan. Seperti pada akhir tahun 2022 pihaknya meluncurkan pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA) melalui WhatsApp (WA) Canter serta Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan pelayanan digital pada Kantor Kemenag Kota Depok.

“Harapannya tentu harus lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, lebih maksimal lagi dan kebermanfaatnya bisa dirasakan langsung. Jadi, semua berbasis digital murah, mudah, cepat dan akurat,” tandasnya.

Meski pelaksanaan HAB ke-77 tingkat Kota Depok diiringi dengan hujan, namun pelaksanaannya tetap berlangsung khidmat dan meriah. Para petugas dan peserta upacara pun kompak mengenakan beragam pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kita menggunakan pakaian adat ini sebagai sinyal bahwa itu beragam, saling menghargai, saling menghormati antar suku karena kita adalah agen moderasi beragama. Kemudian, kita juga tampilkan tarian-tarian kolosal, untuk menumbuhkan semangat kebangsaan,” terangnya. (By)

baca juga

Melalui Musrenbang, Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan Matangkan Usulan Program Prioritas Tahun 2024 dan RPJPD Tahun 2025

Yeni

Pemkot Depok Keluarkan Surat Edaran Gerakan Pemberian Bendera Merah Putih kepada Masyarakat

Yeni

Pemkot Depok Melepas 2 Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tugas Ke Provinsi Jabar dan Paduan Suara Gita Bahana Nusantara

Yeni