SERBA - SERBI

Nenek Moyang Orang Madagaskar Ternyata Berasal dari Indonesia

SUARA JABAR NEWS.COM, -Mengenal sejarah, Madagaskar adalah nama dari suatu pulau sekaligus negara yang terletak di sebelah timur Benua Afrika.

Jika Pulau  Madagaskar terletak di sisi barat Samudera Hindia, maka Indonesia terletak jauh di sisi timur Samudera Hindia.

Karena letak keduanya yang berjauhan, maka Madagaskar dan Indonesia sepintas nampak tidak memiliki hubungan langsung.

Padahal faktanya, nenek moyang Madagaskar aslinya merupakan orang keturunan Indonesia.

Hasil penelitian yang dimuat di jurnal Proceedings of the Royal Society pada tahun 2012, para pelaut asal Indonesia diyakini bermigrasi ke Madagaskar sekitar 1.200 tahun yang lalu.

Dasar dari teori tersebut adalah berdasarkan tes DNA mitokondria yang dilakukan pada 266 orang Madagaskar dan 2.745 wanita Indonesia.

Ternyata ada kemiripan yang sama besar di antara keduanya. Tes DNA mitokondria biasanya dilakukan untuk mengetahui asal-usul keturunan suatu kaum.

Saat para pelaut Indonesia bermigrasi ke Madagaskar, mereka turut membawa budaya asal mereka di tempat tinggal barunya.

Seperti contoh, orang Indonesia dan Madagaskar sama-sama memiliki kultur menanam padi yang kuat. Penduduk Madagaskar yang tinggal di kawasan dataran tinggi juga memiliki kemiripan fisik dengan penduduk Indonesia

BACA JUGA :   Festival Lomba Melukis Payung Geulis Capai Rekor Muri

Berdasarkan temuan arkeologi, peninggalan-peninggalan seperti kapal dan peralatan logam yang ditemukan di Madagaskar juga menunjukkan kemiripan dengan yang ditemukan di Indonesia.

Bahasa Madagaskar juga menunjukkan sejumlah kemiripan dengan bahasa yang digunakan oleh penduduk di tepi Sungai Barito, Kalimantan. (**).

baca juga

Eggie Jasmin Desainer Indonesia Menang di Ajang Kecantikan Mrs World 2022

Yeni

Ini Resep Ikan Goreng Pesmol

Yeni

Kisah Kapal Laut Demak Yang Ditakuti

Yeni