SOSIAL

Walikota Depok Buka Acara Lebaran Depok Diawali Dengan Ngubek Empang

SJNews.com, -Pemerintah Kota Depok, bersama Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) gelar Lebaran Depok. Diawali dengan tradisi ngubek empang atau mencari ikan di dalam kolam ikan menggunakan tangan, di RT 001 RW 06 Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari.

Rangkaian lebaran Depok dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti beli baju baru, persiapan makanan, andil memotong kerbau kemudian pada hari “H makan bareng.

Hadir dalam acara tersebut Sekda Kota Depok H. Supian Suri, Ketua panitia Abdurrahman, sejumlah Kepala Dinas, Asisten Nina Suzana, para camat, para lurah dan warga masyarakat.

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan, tradisi Lebaran Depok kembali digelar dengan sejumlah rangkaian. Kegiatan dilaksanakan pada 17 Mei hingga 20 Mei 2023, namun untuk ngubek empang dilakukan pada hari ini. Ratusan orang pun terlihat memasuki kolam atau empang untuk mencari ikan

Persiapan sudah mencapai 95 persen, sekarang ngubek empang, nanti ada beli baju baru, persiapan makanan, dan andilan atau potong kebo,” kata Idris, pada Senin (15/5/2023).

Lebaran Depok memperkenalkan sebuah budaya atau tradisi masyarakat Kota Depok tempo dulu dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Kegiatan tersebut merupakan sebuah warisan budaya masyarakat Kota Depok untuk dilestarikan sehingga generasi remaja mengetahui tradisi masyarakat Depok tempo dulu.
“Nanti pada hari H-nya atau puncak acara kita bisa makan sama-sama,” terang dia.

Dia menjelaskan, Lebaran Depok diharapkan dapat menarik wisatawan lokal maupun di sekitar wilayah Jabodetabek.
“Mereka datang dan melihat bagaimana Depok ini ternyata tradisinya nggak beda dengan Jabodetabek,” sebut Idris.

BACA JUGA :   Moeldoko Berkunjung Ke Sungai Ciliwung, Ajak Warga Tanam Cabai

Diharapkan Mampu Tarik 5 Ribu Orang
Walikota Depok Mohammad Idris memperlihatkan tangkapan ikan hasil ngubek empang pada rangkaian lebaran Depok, Kecamatan Bojongsari.
“Kesiapannya (lebaran Depok) 95 persen sudah siap,” ucapnya, seraya menambahkan, target pengunjung 5 ribu per hari.

Idris berharap, Lebaran Depok tahun ini dapat menarik wisatawan hingga lima ribu orang. Selain itu, Pemerintah Kota Depok turut mengundang kementerian terkait, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Pemerintah DKI Jakarta.

“Pak Gubernur masih dalam konfirmasi, PJS Gubernur DKI Jakarta juga diundang, serta Walikota Jakarta Selatan dan Timur,” ucapnya.

Sementara, Ketua Umum KOOD Depok H. Baba Dahlan mengajak masyarakat untuk meramaikan Lebaran Depok yang berada di Perumahan Gardens at Candi Sawangan. Dia menyebut, akan banyak event yang ditampilkan pada kegiatan tersebut.
“Ada potong kebo Andil dan banyak kegiatan lainnya,” pungkas Baba.

Baba Dahlan menambahkan, ada pentas seni budaya yang ditampilkan pada Lebaran Depok. Hal itu dikarenakan kegiatan tersebut merupakan pekan kebudayaan Kota Depok.
“Lebaran Depok masuk dalam calendar of event,” tuturnya.
Sebelumnya, Sudadih, pelaksana kegiatan Ngubek Empang mengatakan, ikan dari berbagai jenis ditebar diempang sebanyak 4 kuintal 50 kg. “Jadi jumlah ikannya ada 4 kuintal 50 kg yang kita tebar di empang untuk diubek,” tambahnya Sudadih Camat Lima ini.

“Bagi peserta yang dapat ikan terbanyak menangkap dengan tangan di acara Ngubek Empang mendapat hadiah yang diserahkan di puncak acara,serta ada hadiah door prize,” imbuhnya. (by)

baca juga

Pemkot Depok Melepas Tim Peduli Gempa Cianjur, Semoga Bantuan Bermanfaat

Yeni

Hilang Rasa Toleransinya, Oknum Ormas Ini Copot Label Gereja di Tenda Bantuan Gempa Cianjur, Sadis yah

Yeni

Bareskrim Polri, DPP SKPPHI Bangun Komunikasi dan Koordinasi

Yeni