PERISTIWA

Hujan Deras, Bendung Katulampa Bogor Siaga 3,Jakarta Kena Banjir

SJNews.com,- Bendung Katulampa, Kota Bogor kembali meningkat pada Sabtu (4/11/2023). Pada malam, Tinggi Muka Air (TMA) di Bendung Katulampa mencapai angka 90 centimeter atau Siaga 3.

Air mulai naik dari 0 centimeter menjadi 10 centimeter sekitar pukul 18.00 WIB. Kemudian TMA kembali naik menjadi 20 centimeter pada pukul 19.00 WIB.

TMA menyentuh angka 90 centimeter mulai pukul 21.00 centimeter. Saat ini status Bendung Katulampa Siaga 3 dengan cuaca gerimis halus, kata Andi dalam keterangannya, Sabtu (4/11/2023).

Andi Sudirman selaku pelaksana Bendung Katulampa Bogor mengatakan,debit air Sungai Ciliwuung dialirkan ke Saluran Intake Kalibaru sebanyak sekitar 1.700 liter per detik. TMA Saluran Intake Kalibaru berada di angka 25 centimeter.

Stasiun BMKG Citeko, Kabupaten Bogor, memprakirakan cuaca di wilayah Bogor, Puncak, dan Cianjur akan mengalami hujan ringan dan berawan. Kawasan Puncak sendiri merupakan hulu dari Sungai Ciliwung.

“Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi pada skala lokal antara menjelang siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur,” ujar keterangan Stasiun BMKG Citeko.

BACA JUGA :   Jaksa Agung Tahan Menteri Kominfo Johnny G Plate Tersangka Korupsi Dana BST Senilai 8,32 Triliun

Sementara itu, suhu udara berada di angka 18 hingga 32 derajat celcius. Sedangkan kelembaban udara sekitar 60 hingga 95 persen. Secara umum angin bertiup dari Timur Laut – Tenggara dengan kecepatan 05 – 45 kilometer per jam.

Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah di Jakarta maupun di sekitarnya. BPBD DKI Jakarta memperingatkan warga yang tinggal di bantaran sungai bahwa Bendung Katulampa kini statusnya naik menjadi Siaga 3.

Sebelumnya, hujan mulai mengguyur Jakarta dan sekitarnya. Hujan juga dilaporkan terjadi di wilayah sekitar Jakarta, wilayah Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel). Hujan cukup deras juga terjadi di kawasan Dharmawangsa, Kebayoran Baru hingga Tebet, Jaksel.
(**)

baca juga

Terungkap, Aliran Dana Demo 21 April Lalu, Diduga dari Kelompok Intoleran

Yeni

Jelang Natal dan Akhir Tahun, Kewaspadaan Tetap Perlu Ditingkatkan

Yeni

Masteri Kasus Pembunuhan Noven Cahya Siswi SMK Baranangsiang Bogor, Tuai Sorotan

Yeni