WISATA & BUDAYA

Pancasila Pemersatu Bangsa, Kita Kuat Karena Bersatu Diatas Budaya Bangsa Sendiri

DAERAH, SJNews.com,-Indonesia adalah negara besar dengan kekayaan budaya ciri khas nusantara. Bangga kita sebagai Warga negara Indonesia dengan beraneka ragam suku dan budaya. Tetap bersatu dengan bn.jadikan Indonesia Tanpa Rasisme

Indonesia kaya dan kuat dengan keberagaman dan persatuan bukan perseteruan jangan pernah usik budaya nusantara kita, karena kita berhak menjaga dan membelanya.

Bangsa yang pola pikir dan hidupnya dipengaruhi alam Indonesia. Budaya Nusantara dalam bentuk apapun, adalah identitas bangsa Aku bangga akan budaya Nusantara yang beragam Keberagaman adalah kekuatan
Keberagaman adalah keindahan
Keberagaman pastilah kemajua

Kita lahir ditanah ini dan matipun ditanah ini, maka wajib bagi putra putri bangsa menjaga warisan budaya nenek moyang bangsa ini.

Sesungguhnya menjadi penduduk Indonesia adalah nikmat tiada Tara yang seringkali lalai disyukuri. Bumi kaya raya lengkap dengan nilai-nilai luhur. Untuk itu Penulis Mencoba Menggali Nilai Kemerdekaan, Keberagaman dan Persatuan Indonesia.

Menggali dan merefleksikan setiap nilai warisan para pendahulu bangsa harus menjadi sebuah upaya tanpa henti, sebab yang dibutuhkan dalam keseharian adalah implementasi nilai-nilai itu dalam setiap tindakan.

Mengenal diri sebagai bagian dari Indonesia saja tidak cukup. Dibutuhkan transformasi terus menerus sejalan dengan putaran waktu. Upaya mengimplementasikan setiap nilai kebangsaan dalam perilaku sebagai wujud mengisi kemerdekaan sekaligus memperkokoh persatuan.

BACA JUGA :   Tahun Baru Kolam Renang Wisata Mantingan Di penuhi Pengunjung

Indonesia adalah negara besar yang terdiri dari 17.000 pulau, beragam suku-bangsa, bahasa, agama dan kepercayaan serta adat istiadat yang melekat. Kesadaran akan keragaman itu sudah ada sejak zaman dahulu hingga semangat nasionalisme digaungkan oleh sekelompok pemuda yang kemudian bersumpah demi persatuan dan kesatuan dalam Sumpah Pemuda.

Namun, realitas dunia kini dengan kemajuan peradaban manusia memungkinkan ragam peristiwa terjadi seperti perang, konflik ideologi dan tantangan lain dalam setiap sektor kehidupan. Paradoks kehidupan modern harus disikapi dengan memperkuat pemahaman kita sebagai bagian dari Indonesia yang beragam.

Dalam realitas keberagaman, kesadaran akan kesatuan harus menjadi sebuah keniscayaan. Kesadaran tersebut menjadi landasan untuk menanam dan mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan.

Bahwa keragaman itu memperkaya dan merupakan anugerah mesti terealisasi dalam cara hidup berbangsa dan bernegara. Sebab insan yang merdeka dan berbudayasenantiasa menempatkan derajat dan martabat kemanusiaan sebagai yang utama.

Mati kita junjung tinggi keberagaman sebagai identitas dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa, Untuk itu, wajib bagi putra putri bangsa menjaga warisan budaya nenek moyang bangsa ini. Mari kita jaga kerukunan dalam keberagaman budaya Indonesia. (**)

baca juga

Terkait Setu Citongtut, Ketum Fatra Salut Atas Kinerja Ade Yana Mulyana Kadis LH Kabupaten Bogor

Ade Darmansyah

Putri Prameswari Sinwagatan bersama Matara Art Center Raih Juara 1 Infact Expo 2022 Kota Depok

Ade Darmansyah

Tradisi Ngawuwuh Di Mulakeudeu, Bukti Kuat Eksistensi Seni Budaya di Garut

Ade Darmansyah