PEMBANGUNAN

Teuku M, Yusuf Syahputra, Situ Rawa Kalong Dapat Dijadikan Destinasi Wisata

DEPOK, SJNews.com,– Ir, H, Teuku Muhamad Yusuf Syahputra Ketua DPRD Depok mendampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil resmikan Situ Rawa Kalong, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis Kota Depok, Jumat (5/8/2022).

Proyek Situ Rawa kalong hasil revitaliasi ini memiliki banyak fasilitas seperti vertical garden, taman lansia, pedestrian, area UMKM, dan alun-alun kecil mengapung di atas air. 

Peresmian ini turut dihadiri oleh Walikota Depok Mohammad Idris, Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono, H, Ketua DPRD Depok, Teuku Muhamad Yusuf Syahputra beserta jajaran Forkopimda.

Banyak fasilitasnya seperti floating deck, vertical garden, taman lansia, pedestrian, area UMKM, situ rawa kalong seluas 8,25 hektare itu memiliki sarana publik yang aman, nyaman dan menyenangkan.
Fungsi lingkungan situ tetap terjaga dengan baik. Revitalisasi Situ Rawa Kalong merupakan komitmen Pemda Provinsi Jabar menghadirkan ruang publik berkualitas bagi warga.

“Kita berupaya memberikan ruang publik yang berkualitas bagi warga Depok, salah satunya yang kita hadirkan hari ini,” beber Ridwan Kamil yang di aminkan ketua DPRD Depok.

Menurut Teuku Muhamad Yusuf Syahputra, ebelum direvitalisasi, Situ Rawa Kalong awalnya hanya berfungsi sebagai irigasi sawah dan tempat memancing warga.
Perubahan fungsi di sekitar kawasan juga menyebabkan situ ini sempat kehilangan daya tariknya.

BACA JUGA :   Renja Disrumkim Kota Depok Jabarkan Soal Pengelolaan Anggaran Hingga Capaian Kinerja

Kini Rawa Kalong menjadi tempat favorit warga Depok karena memiliki gedung aula, floating deck, vertical garden, taman lansia, pedestrian, area UMKM, dan fasilitas lainnya.

“Dulu susah diakses sekarang mudah. Ada Alun-alun kecil yang mengapung di atas air sangat instagramable dan bikin bahagia warga Depok,” jelasnya.

Yang paling istimewa katanya, dari Situ Rawa Kalong pasca revitalisasi, yakni adanya catwalk terapung dan alun-alun kecil di tengah danau. Warga bisa memanfaatkan inovasi yang belum banyak di Indonesia tersebut untuk melakukan ekspresi busana atau fashion show.

Lebih lanjut kata Teuku M Yusuf Syahputra, Situ Rawa Kalong akan dilengkapi d Ngan kamera pengawas di sejumlah titik dan penambahan bangku, sampai akhirnya lengkap.

Yusuf berharap agar warga tetap menjaga ketertiban dan kebersihan, serta mengikuti aturan dari Pemerintah Kota Depok.

Warga masyarakat dipersilakan melakukan kreativitas serta ber ekspresi apapun, yang penting jaga ketertiban dan kebersihan

Masih kata Teuku M Yusuf Syahputra, Situ Rawa Kalong tak hanya sebagai ruang publik, tapi juga untuk destinasi wisata, sehingga meningkatkan perekonomian warga Depok. (BG)

baca juga

Hamza, SE.MM Ketua Komisi A, APBD Kota Depok Devisit 400 Miliar

Yeni

Musrenbang Kelurahan Jatijajar,
Peningkatan Pelayanan Infrastruktur Dasar Perkotaan Dan Pemulihan Ekonomi Kota Depok

Yeni

Renja OPD Diskominfo kota Depok 2024, Fokus Data Berbasis Elektronik dan Pelayanan Publik

Yeni