DAERAH

Indahnya Bawah Laut Mohupomba Boalemo, Bangkitkan Semangat Cinta Bahari

DAERAH, SJNews.com,- Dalam rangka memperingati hari Patriotik 23 Januari 2023, para pecinta bawah laut yang tergabung dalam Boalemo Diving Club (BDC) melaksanakan kegiatan bawah laut dengan tema “Selam Patriotik 23 Januari, Kita Bangkitkan Semangat Cinta Bahari” (21/01/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh Dewan pimpinan wilayah (DPW) pecinta bawah laut Iskindo Provinsi Gorontalo.

Para penyelam melakukan atraksi bawah laut di Pulau Mohupomba Daa Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo memperlihatkan keindahan bawah laut yang sangat indah akan Spesis Coral Porites SP. pada kedalaman 5 meter dengan diameter 10.7 meter dan tinggi 2.4 meter.

Dalam kesempatan itu, Ketua Boalemo Diving Club, Roy Syawal berharap dengan adanya keindahan laut yang memiliki Spesis Coral Porites SP. terbesar di kepulauan Gorontalo akan diminati para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Setelah selesai melaksanakan pembentangan baliho bawah laut para penyelam menggelar aksi membersihkan sampah plastik di bawah laut dan pesisir pantai Mohupomba Daa.

Kegiatan ini merupakan bagian dari edukasi agar masyarakat bisa menjaga laut terutama dari sampah plastik sebab menurut Gusnar Lubis Ismail selaku penyelam dari DPW Iskindo Provinsi Gorontalo, sampah khususnya sampah plastik bahkan bisa merusak ekosistem terumbu karang.

BACA JUGA :   Persyaratan Umum dan Khusus Untuk Jadi Calon Kepala Desa

Gusnar mengaku keadaan bawah laut di pantai Mohupomba Daa sangat mempesona namun masih bermasalah dengan kebersihan. Pria yang hobi menyelam ini mengatakan dirinya kerap menemukan sampah plastik saat menyelam, dan tentunya sangat mengganggu keindahan alam bawah laut.

Banyak kerugian yang diakibatkan sampah. Jadi tidak ada salahnya kita memulainya sekarang, untuk tidak buang sampah ke laut dan kalau kita menggalakkan ini terus, pasti semua nantinya tersadar untuk memelihara laut, karena laut kita ini sangat penting dijaga kelestariannya.

Roy Syawal menambahkan, dengan adanya kegiatan ini semoga pemerintah daerah lebih memperhatikan potensi yang ada di Boalemo.

Pantai Mohupomba Daa memiliki pemandangan pantai yang indah dan juga laut nan jernih, di bagian tepi pantai terdapat deretan pepohonan. Perpaduan semua panorama itu membuat pantai Mohupomba Daa sangat cocok sebagai tempat wisata ungkap Roy.

Roy berharap dengan adanya temuan Spesies Coral Porites SP hari ini akan membuka paradigma pemerintah dalam hal pengelolaan wisata bahari.

(Ss)

baca juga

Syukuran Kantor Media-Indonews Berlangsung Khidmat

Admin Jabar

Formasu Jakarta : Apresiasi & Dukung Kapolda Sumut Mengusut Kasus Kerangkeng Eksploitasi Pekerja Kebun Kelapa Sawit

Admin Jabar

Festival Muaro Padang Meriah, Perantau dan Warga Beri Apresiasi

Yeni