NASIONAL

Menlu Retno: Semua Persiapan Indonesia Sebagai Tuan Rumah KTT Ke-42 ASEAN 2023, “On the Right Track”

SJNews.com, – Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas (ratas) bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, dikutip Kamis, 27 April 2023, di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam rapat tersebut, Kepala Negara membahas sejumlah persiapan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang akan berlangsung di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 10-11 Mei 2023 mendatang.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya usai mengikuti ratas mengatakan bahwa terdapat delapan pertemuan yang akan diselenggarakan dalam puncak KTT ke-42 ASEAN. Ia juga menyebut bahwa Presiden Jokowi akan memimpin langsung 7 dari 8 pertemuan tersebut, di antaranya pertemuan dengan parlemen, pemuda, bisnis, hingga Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

“Jadi total ada 8 pertemuan, 7 pertemuan di antaranya itu akan dipimpin oleh Bapak Presiden karena yang BIMP-EAGA itu akan dipimpin oleh PM Malaysia karena rotasinya memang keketuaan BIMP-EAGA sedang ada di Malaysia,” ucap Menlu Retno kepada awak media di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Sedangkan terkait dokumen yang akan dihasilkan dalam KTT ke-42 ASEAN, Retno mengungkapkan bahwa hingga saat ini dokumen-dokumen tersebut masih dalam tahap negosiasi di tingkat pejabat tinggi (SOM/Senior Officials Meeting). Nantinya, dokumeny yang dihasilkan KTT ke-42 ASEAN akan fokus pada tema yang diangkat dalam keketuaan Indonesia, yaitu “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

BACA JUGA :   Heran deh !… Kenapa Jokowi yang Didemo, Bukan Menteri yang Susahkan Rakyat

“Di ASEAN Matters itu dokumennya terkait bagaimana upaya ASEAN untuk meningkatkan, memperkuat diri sehingga mampu menghadapi tantangan ke depan. ‘Epicentrum of Growth’ terkait dengan resiliensi ekonomi ASEAN,” ungkap Retno.

“Intinya adalah memperkuat resiliensi ekonomi sehingga ASEAN dapat menjadi epicentrum of growth. Semua dokumen masih dinegosiasikan saat ini. Mudah-mudahan semuanya selesai pada saat pertemuan KTT ASEAN,” ungkap Retno.

Menurut Menlu, dalam KTT ke-42 ASEAN, Indonesia sebagai ketua juga berusaha untuk membumikan ASEAN dalam bentuk berbagai kerja sama dan proyek-proyek yang bersifat konkret, mulai dari bidang kesehatan, ekonomi, dan lain-lain.

“Intinya adalah membumikan kerja sama ASEAN sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” pungkasnya Retno.

Jakarta, 27 April 2023
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden. (red-)

baca juga

Siap – siap, Ribuan PNS Bakal Dipindah Ke IKN Nusantara

Yeni

HUT ke-77 RI, Sebanyak 168.196 WBP Terima Remisi, 2.725 Langsung Bebas

Yeni

Menhan Prabowo Subianto Hadiri Pertemuan Antara Menhan AS, Lloyd J. Austin dengan Menhan Negara-negara ASEAN

Yeni