EKONOMI & BISNIS

Sisi Menarik Untuk Mempelajari Ilmu Ekonomi

SJNews.com, – Upaya mempelajari ilmu pendidikan ekonomi, tidak perlu terpaku pada hafalan, tapi harus menggunakan logika dan cermat dalam mengamati fenomena yang terjadi di masyarakat.

Dalam Kuliah Umum Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengajak para mahasiswa untuk tidak hanya mempelajari ilmu ekonomi dalam rangka mengejar gelar semata.

Namun, setiap mahasiswa seharusnya memiliki passion karena ia sedang mempelajari suatu ilmu yang sangat penting.

Hal tersebut diungkapkan Menkeu dalam yang diselenggarakan di Aula Mezzanine, Kompleks Kementerian Keuangan, dikutip, Senin, (08/05/2023).

“Ilmu ekonomi is so fascinating. You can talk about almost everything di dalam konteks ilmu ekonomi”, sebut Menkeu.

Menurutnya, mempelajari ekonomi tidak perlu terpaku pada hafalan, namun kita juga harus menggunakan logika dan cermat dalam mengamati fenomena yang terjadi di masyarakat.

Menkeu juga menekankan kepada para hadirin bahwa seorang ekonom perlu untuk mampu berinteraksi dengan data. “If you cannot interpret, you cannot analyze”, ungkapnya.

Selain itu, Menkeu mengatakan, ilmu ekonomi dalam suatu negara juga tidak terpisahkan dari politik. Sehingga, para pemangku kebijakan harus mampu menjembatani ekspektasi masyarakat dengan berbagai kebijakan fiskal pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan yang adil dan merata.

BACA JUGA :   Batas Penghasilan yang Tak Dikenai Pajak, NIK m Menjadi NPWP

Dalam Kuliah Umum bertajuk Kebijakan Fiskal Jangka Menengah tersebut, Menkeu juga memaparkan 3 fungsi utama APBN yakni dalam hal alokasi, distribusi, dan stabilisasi.

Menkeu menjelaskan, hal tersebut menjadi wujud kehadiran negara dalam kehidupan bermasyarakat karena dinamika penawaran dan permintaan tidak selalu sejalan dengan teori ekonomi.

“FEB UI telah melahirkan banyak pemikir dan policy maker, saya berharap Anda semua bisa menjadi generasi penerus yang mampu membawa Indonesia ke arah yang semakin baik”, tandas dia.(**)

baca juga

Batas Penghasilan yang Tak Dikenai Pajak, NIK m Menjadi NPWP

Yeni

Sepanjang 2022 Transmart, Tutup 12 Gerainya

Yeni

Dihari Pelanggan Nasional, Tirta Kahuripan Beri Diskon 50%

Yeni