TNI - POLRI

Ada Kebijakan Baru, ASN Bisa Isi Jabatan TNI-Polri

SJNews.com,-
Pemerintah akan menerapkankebijakan atau aturan baru untuk ASN, TNI dan Polri.

Melansir dari laman Resminya, dikutip Kamis (14/3/2024) Jabatan ASN yang bisa diisi oleh prajurit TNI dan personel Polri, serta sebaliknya.

“ Selaras dengan PP Nomor 11 Tahun 2017 ya. Di mana TNI ada batasan untuk menempati posisi di ASN, begitu juga dengan Polri itu bisa ditempatkan di jabatan tertentu dan instansi pusat tertentu. Cuma yang sekarang adalah ASN boleh menempati posisi di TNI Polri, itu yang tak diatur sebelumnya,” jelas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Anas.

Pihanya menepis adanya anggapan menghidupkan dwifungsi ABRI melalui aturan itu.

UU TNI yang telah mengatur soal pembatasan penempatan prajurit di jabatan ASN.

“Iya nggak ada (dwifungsi ABRI), nanti karena itu akan kita uraikan, ini kan belum selesai. Tetapi yang pasti ini justru menata selaras dengan PP Nomor 11 Tahun 2017 dan UU TNI dan Polri karena mereka juga punya UU masing-masing. Jadi TNI sudah jelas di mana yang bisa ditempati di mana yang tidak bisa ditempati,” sebutnya.

BACA JUGA :   Debt Collector yang Cegat Warga Di Tangkap Polisi

“Jadi TNI sudah jelas ada di 10 tempat, ya. Di Polri itu di instansi tertentu untuk jabatan tertentu. Ada macam-macam, ya. Kira-kira gitu ya. Di UU TNI kan udah jelas, diatur,” terangnya.

Azwar menerangkan, ketentuan soal penempatan ASN di TNI-Polri masih akan dibicarakan lebih lanjut. Dia mengatakan pihaknya akan menggelar rapat bersama Panglima TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Inilah karena baru ini sedang disusun. Dalam waktu dekat, kami akan bertemu dengan Pak Kapolri dan Panglima TNI untuk jabatan mana yang memungkinkan ASN bisa di situ. Karena tidak mungkin semua jabatan bisa ditempati ASN,” imbuhnya.

“Ini keputusan di ratas waktu dengan presiden dan juga atas persetujuan bersama anggota dewan untuk resiprokal jabatan di TNI dan Polri,” pungkasnya. (**)

baca juga

Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-Malaysia Peduli Anak Bangsa, Didik Siswa SDN 02 Panga

Yeni

AKP YULI Wirestiyarini Kanit Samsat Jakarta Timur, Utamakan Kualitas Pelayanan Masyarakat

Yeni

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, Media Adalah Mitra Strategis Bagi TNI Angkatan Laut

Yeni