PERISTIWA

BMKG Serius Beri Peringatan Mohon tetap Waspada!

SJNews.com,-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca hari ini.

Data BMKG menyebut sebagian wilayah Indonesia diguyur hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di kutip Senin (3/1/2022).

Berdasarkan laman resmi BMKG hujan lebat disertai kilat/petir diprakirakan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Nusa Tenggara Barat.

Prakiraan cuaca tersebut juga berlaku bagi Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

“Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Maluku Utara, dan Papua Barat,” tulis BMKG.

BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi 2,5-4 meter di Perairan Kepulauan Anambas hingga Kepulauan Natuna, Perairan Kepulauan Talaud, Laut Maluku bagian Utara, Perairan Utara dan Timur Halmahera, serta Samudra Pasifik Utara Halmahera hingga Papua.

BACA JUGA :   Pak Jokowi, Tolong Lihatlah Penderitaan Kami Yang Terdzolimi Oleh BPN

“Selain itu, perlu juga diwaspadai gelombang sangat tinggi 4-6 meter di Laut Natuna Utara,” ungkap BMKG.

BMKG meminta bidang pelayaran diharapkan memperhatikan peringatan gelombang tinggi yang dikeluarkan yang berlaku dari Senin (3/1) pukul 07.00 WIB hingga Selasa (4/1) pukul 07.00 WIB.

“Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi juga diimbau agar tetap selalu waspada,” tulis BMKG. (**)

baca juga

Menanti Uang Konsinyasi Ganti Rugi Tol Jatikarya 6 Tahun Belum Diserahkan Ke Warga Mulai Mengeluh

Ade Darmansyah

Satuan KBR Gegana Polri Selidiki Penyebab Kebakaran Gudang Kimia PT Indochemical, Cengkareng, Jakbar

Ade Darmansyah

Pak Jokowi, Tolong Lihatlah Penderitaan Kami Yang Terdzolimi Oleh BPN

Ade Darmansyah