KESEHATAN

Bulan Vitamin A, Sasar 114.483 Balita di Kota Depok

DEPOK, SJNews.com,- Bulan Vitamin A, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus berupaya mewujudkan generasi yang sehat, salah satunya dengan pelaksanaan Bulan Vitamin A setiap Februari dan Agustus. Dalam pelaksanaannya di Februari 2022, Dinkes akan memberikan vitamin A untuk 114.483 balita usia 6-59 bulan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, Zakiah mengatakan, pemberian vitamin A untuk usia 6-11 bulan akan diberikan kepada 13.107 balita. Sedangkan untuk usia 12-59 bulan diberikan kepada 101.376 balita. Pemberian vitamin A ini bertujuan untuk menjaga kesehatan mata dan kekebalan tubuhnya.

“Target kami seluruh anak mendapatkan vitamin A untuk menambah kekebalan tubuh mereka,” terangnya dikutip Jumat (04/02/22).

Menurut Zakiah, vitamin A atau retinol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Sebab vitamin A terlibat dalam pembentukan, produksi dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh.

“Vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan,” sebutnya.

Untuk pemberian vitamin A dosisnya sudah sesuai dengan usia anak. Adapun bagi anak usia 6-11 dosisnya 100.000 IU dengan tanda warna biru. Sedangkan, pemberian vitamin A bagi anak usia 1-5 tahun dosisnya 200.000 IU dengan tanda warna merah.

BACA JUGA :   Manfaat Dari Sayur Pare, Ini Caranya

Ada dua jenis dosis dengan dua tanda yaitu merah dan biru. Jadi pemberian vitamin A harus sesuai dengan usia anak, pungkasnya. (ni)

baca juga

Lagi, Vaksinasi usia 6 – 11 tahun digelar di SDN Kreo, Kec Larangan, Kota Tangerang

Ade Darmansyah

Perayaan Hari Gizi Nasional Diperingati Setiap Tanggal 25 Januari

Ade Darmansyah

Manfaat Dari Sayur Pare, Ini Caranya

Ade Darmansyah