PENDIDIKAN

Lulusan SD, SMP, SMA dan S-1 Bakal Dapat Dana Rp 600 Ribu per Bulan Tanpa BPJS Ketenagakerjaan

JAKARTA, SJNews.com,- kini lulusan SD, SMP dan SMA, hingga sarjana mendapat Rp 600 ribu per bulan. Dana tersebut bisa didapatkan tanpa BPJS Ketenagakerjaan seperti syarat pada BSU subsidi gaji.

Program BSU subsidi gaji yang pernah ada di 2020 dan 2021 belum ada kejelasan soal kelanjutannya pada tahun ini.

Meski begitu, ada bantuan dari pemerintah yang bisa didapatkan pekerja baik lulusan SD, SMP, SMA dan sarjana di 2022.

Bantuan ini diberikan melalui program Kartu Prakerja 2022, yang dimulai dari gelombang 23. Adapun, kuota yang disediakan tahun ini sekitar 3 juta hingga 4,5 juta orang.

Sebelum itu, dikutip dari Antara, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan sejauh ini sudah ada 11,4 juta penerima Kartu Prakerja dari tahun 2020 dan 2021.

Peserta Kartu Prakerja itu berasal dari 15 kabupaten/kota dengan pendidikan beragam, mulai dari SD sampai sarjana, dari penyandang disabilitas hingga purna pekerja migran Indonesia.

“Ini merupakan satu hal yang membuktikan program ini bersifat inklusif. Dan kemarin kami ketemu ketua BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) yang mengapresiasi karena terdapat purna migran yang disentuh dengan program pelatihan dan semi bansos sehingga mereka bisa masuk ke job market kembali,” sebut Airlangga.

BACA JUGA :   Kasus Bullying di Sekolah Dasar, Wali Kota Depok Langsung Terjunkan Tim

Merujuk pada 22 gelombang yang lalu, para peserta Kartu Prakerja mendapatkan insentif tunai Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan. Kemudian ada juga insentif survei Rp 150 ribu.

Tak cukup sampai di situ, pemerintah juga memberikan bantuan khusus untuk pelatihan senilai Rp 1 juta, namun tak bisa dicairkan dalam bentuk tunai.

Bila nominal masih sama, peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan yang sama. Baik itu lulusan SD, SMP, SMA maupun sarjana.

Namun, terkait pembukaan Kartu Prakerja gelombang 23 tahun 2022, PMO sebelumnya menyatakan tinggal menunggu keputusan dari Komite Cipta Kerja.

Meski begitu, masyarakat yang berminat sudah bisa membuat akun Prakerja. Akun ini harus dimiliki untuk mengikuti seleksi Kartu Prakerja gelombang 23. (Ni)

Sumber : NKRIPOST

baca juga

KaBid PAUD dan PNF Disdikbud Kab Lampung Utara Sosialisasi DAK Non Fisik BOP PAUD dan BOP Pendidikan 2022

Ade Darmansyah

Forum Renja 2023 Disdik Kota Depok Fokus Peningkatan Kualitas & Mutu Pendidikan

Ade Darmansyah

Kasus Bullying di Sekolah Dasar, Wali Kota Depok Langsung Terjunkan Tim

Ade Darmansyah