UMKM

Pemkab Bogor Gelar Bazar Ramadhan UMKM Upaya Pemulihan Ekonomi

BOGOR, SJNews.com,- Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar Bazar Ramadan UMKM di halaman Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor dimulai Selasa 12 -14 April 2022.

Ratusan UMKM ikut dalam bazar yang diharapkan bisa membantu pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“Di sini juga bisa berbelanja untuk persiapan lebaran. Ada kue-kue kering, masakan siap saji untuk berbuka, ada produk fashion juga. Saya kira ini adalah waktunya,” kata Bupati Bogor Ade Yasin usai meninjau Bazar Ramadan.

Menurutnya, bazar tersebut merupakan upaya pemerintah daerah dalam memajukan dan meningkatkan produktivitas produk UMKM di Kabupaten Bogor agar bisa lebih maju dan memiliki daya saing.

“Selain bazar ini, kita bantu fasilitasi para pelaku UMKM dengan membuka gerai di beberapa kecamatan. Sehingga para pelaku UMKM dapat membuka tokonya sendiri yang tempatnya kita sediakan di wilayah masing-masing,” sebut Ade Yasin Bupati Bogor.

Dilokasi yang sama, Elly Rachmat Yasin anggota DPR-RI (Fraksi Partai Persatuan Pembangunan) mengatakan, kita di kabupaten Bogor ini ada 700.000 UMKM artinya diantara 700.000 UMKM ini ada produk-produk unggulan, salah satunya ada produk sepatu, tas dari UKM Ciampea dan ada juga olahan ikan idari UMKM Kemang jadi masing-masing punya khasnya sendiri.

“Ada memang beberapa UMKM sudah layak untuk ke tingkat Nasional bahkan ke tingkat internasional contoh nya dari UMKM Sukaraja, kalo soal rasa semua enak tapi kita juga memperbaiki dari kemasannya agar lebih menarik dan bagus untuk bisa meningkatkan lagi produk- produk dari UKM Kabupaten Bogor dan juga bisa bersaing di tingkat nasional,” lanjut dia.

BACA JUGA :   Melalui Teknologi Refused-Derived Fuel, Universitas Pertamina Upayakan Kelola Sampah Menjadi Bahan Bakar yang Dapat Digunakan oleh UMKM

Elly berharap, agar Kabupaten Bogor harus ditingkatkan lagi setiap tahunnya dalam arti ditingkatkan kwalitas dan kuantitas, terlebih lagi kemasannya agar lebih menarik dan bagus sehingga masyarakat yang melihat bisa tertarik dan membeli produk-produk UMKM Kabupaten Bogor.

Yudi Taufiq, Kabid PUM Diskop UMKM Kabupaten Bogor menambahkan, untuk prihal kemasan kami setiap tahun mengadakan pelatihan kemasan untuk UMKM Kab, Bogor.

“Kenapa kami melakukan pelatihan itu memang karena kendala teknis ada di kemasan tersebut, padahal UKM kami banyak yang sudah di kurasi oleh Indomarco, jadi ikhtiar nya adalah dengan melaksanakan pelatihan kemasan,” tuturnya.

Yudi Taufiq mengatakan, didalam pelatihan tersebut pihaknya perbanyak ke praktek kalo teori sekitar 30%, prakteknya 70%.

“Biasanya di akhir acara pelatihan kami undang teman UMKM yang sudah berhasil, tujuannya agar lebih membangkitkan semangat dan motivasi UMKM yang memang masih proses berkembang agar lebih punya kepercayaan diri untuk membangun UKM di wilayah kabupaten Bogor,” pungkasnya Yudi Taufiq, Kabid PUM Diskop UKM Kabupaten Bogor. (ni)

baca juga

Melalui Teknologi Refused-Derived Fuel, Universitas Pertamina Upayakan Kelola Sampah Menjadi Bahan Bakar yang Dapat Digunakan oleh UMKM

Ade Darmansyah

Operasi Kios di Pasar Rakyat Jabar Juara Sawangan Menunggu Koordinasi

Ade Darmansyah