OLAHRAGA

Indonesia Gulung Filipina 4-0 di babak penyisihan Grup A SEA Games 2021

JAKARTA, SJNews.com – Akhir Laga Timnas U-23 Indonesia vs Filipina di babak penyisihan Grup A SEA Games 2021, di Stadion Viet Trei, Hanoi, Vietnam, Jumat, (13 /05/2022), berakhir dengan kemenangan Garuda Muda, skor 4-0.

Dalam pertandingan ini, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, melakukan rotasi sejumlah pemain. Asnawi Mangkualam turun sebagai starter.

Sementara itu, Muhammad Ridwan juga dimainkan sejak menit awal menggantikan posisi Irfan Jauhari sebagai penyerang. Syahrian Abimanyu juga turun sebagai starter menggantikan peran Rachmat Irianto.

Keberadaan Asnawi memberikan perbedaan. Bek sayap kanan yang kini memperkuat klub Liga 2 Korea Selatan, Ansan Greeners itu beberapa kali berperan dalam memulai serangan.

Timnas U-23 Indonesia lebih dulu unggul pada menit ke-18 lewat gol Muhammad Ridwan yang memanfaatkan umpan dari Egy Maulana Vikri. Ridwan yang bergerak ke depan gawang Filipina mampu menyontek bola umpan silang dari Egy.

Pertahanan skuad Garuda Muda beberapa kali juga mendapatkan ancaman dari pergerakan para pemain Filipina. Tetapi, lini belakang Indonesia mampu mengatasinya.

Indonesia menambah keunggulan pada menit ke-44. Gol tercipta dari sundulan kepala Rizky Ridho yang memanfaatkan umpan dari tendangan bebas yang dilakukan Syahrian Abimanyu.

BACA JUGA :   Pertandingan Bola Volly, Ivo Sawargi Keluar Sebagai juara

Pelatih Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain. Di awal babak kedua, Marselino Ferdinan dan Irfan Jauhari masuk. Kemudian, menjelang laga memasuki menit ke-60, Asnawi ditarik digantikan dengan Rio Fahmi.

Di babak kedua, pertandingan berlangsung sengit. Filipina yang tertinggal dua gol berusaha memberi tekanan lebih ke pertahanan Indonesia. Namun, sejumlah peluang berhasil digagalkan oleh skud Garuda Muda.

Sementara, Timnas U-23 Indonesia tidak mengendurkan semangat serangannya. Egy dan rekan-rekannya terus menyerang.

Gol tambahan yang dinantikan tercipta pada menit ke-74. Egy mampu menjebol gawang Filipina dengan tendangan kaki kiri setelah menerima umpan dari Irfan Jauhari di kotak penalti.

Pada menit ke-80, Marc Klok ditarik keluar dan digantikan dengan Rachmat Irianto. Selain itu, Egy juga digantikan dengan Ronaldo Kwateh.

Masuknya Ronaldo memberikan tekanan baru untuk lini pertahanan Filipina. Indonesia mendapatkan penalti setelah Ronaldo dijegal di kotak penalti. Marselino yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya, sehingga kedudukan menjadi 4-0.

Kemenangan ini membuat Timnas U-23 mengemas enam poin dari tiga laga yang sudah dilakoni. Hasil ini membuat skuad Garuda Muda mempunyai peluang lebih besar untuk lolos ke semifinal SEA Games 2021. (**)

baca juga

Pertandingan Bola Volly, Ivo Sawargi Keluar Sebagai juara

Ade Darmansyah

Turnamen U-10, Piala Ketua Persit KCK Daerah III/Siliwangi, Team SSB 2 R Legend Bandung Juara

Ade Darmansyah

Semarak Turnamen Silat Benteng Cisadane Champions Open, Putra Setia Turut ikut Turnamen

Ade Darmansyah