NASIONAL

Presiden Jokowi, Peringati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2022 Di Kota Ende

DAERAH, SJNews com,- Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2022 yang dipusatkan di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengajak untuk membumikan dan mengaktualisasikan nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah jadi bintang penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian,” kata Presiden Jokowi di kutip dari chanel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu 1 Juni 2022

Berikut teks pidato Presiden Jokowi dalam rangka Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2022.

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi,

Salam sejahtera bagi kita semuanya,

Shalom, Om Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan.

Salam Pancasila

Yang saya hormati, Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak Prof K.H. Ma’ruf Amin;

Yang saya hormati, Presiden kelima Republik Indonesia Ibu Hj. Megawati Soekarnoputri serta seluruh Anggota Dewan Pengarah BPIP;

Yang saya hormati, Wakil Presiden keenam Republik Indonesia, Bapak Tri Sutrisno;

Yang saya hormati, Ketua MPR RI, Wakil Ketua DPR RI, yang mulia para Duta Besar Negara sahabat, para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Yang saya hormati kepala BPIP serta seluruh jajaran. Yang saya hormati Gubernur NTT, beserta seluruh Gubernur di seluruh tanah air.

Para Pangdam, para Kapolda, yang saya hormati Bupati Ende, beserta seluruh Bupati yang hadir.

Bapak ibu, saudara-saudara sebangsa dan setanah air, khususnya masyarakat Ende dan masyarakat NTT.

Hari ini 1 Juni 2022, kita memperingati Hari Lahir Pancasila di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur.

Di Kota yang sangat bersejarah ini, Bung Karno proklamator kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila.

Yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara.

Bapak-ibu, hadirin yang saya hormati

Dari Kota Ende, saya mengajak seluruh anak-anak bangsa dimanapun berada untuk sama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah jadi bintang penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian.

BACA JUGA :   HUT ke 77 Kemerdekaan RI Menuju Indonesia Emas

Dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa, bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila.

Tapi, saya selalu ingatkan kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila.

Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan kita. Kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa.

Inilah tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi ….. yang dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Bapak ibu yang saya muliakan, saat ini menghadapi dunia yang bergejolak, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir dan diikuti oleh krisis energi dan pangan serta ancaman kemiskinan ekstrem dan kelaparan dan juga perang di Ukraina.

Sebagai pemegang mandat Presidensi G20, kita mengajak seluruh negara maju di dunia bergotong royong menciptakan ummat manusia yang lebih baik, membangun sistem kesehatan global yang mampu menghadapi krisis di masa depan.

Dengan tata kelola dunia lebih sehat, lebih damai dan lebih berkeperikemanusiaan dan lebih berperikeadilan.

Terakhir, saya mengajak seluruh pemimpin bangsa terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan tokoh-tokoh ormas dan para pemimpin lainnya untuk jadi teladan.

Jadi contoh dalam aktualiasasi nilai-nilai pancasila. Mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan.

Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa selalu meridhoi perjuangan kita bersama.

Terima kasih,

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Semoga Tuhan memberkati,
om santi santi om, Namo Buddhaya, (**)

baca juga

HUT ke 77 Kemerdekaan RI Menuju Indonesia Emas

Yeni

HUT ke-77 RI, Marinir Kibarkan Merah Putih di Dasar Bawah Laut

Yeni

Jokowi Tinjau Jalan Rusak di Lampung Gunakan Mobil RI-1

Yeni