BIROKRASI

Forum Renja Disdik Depok 2025, Kurikulum Merdeka Guru Penggerak Diharapkan Dapat Mengangkat Bakat Siswa

SJNews.com, – Forum Renja (Rencana Kerja) Dinas Pendidikan (Disdik) kota Depok tahun 2025, bahas Kurikulum Merdeka berlangsung di Pesona Square, jalan Juanda, Sukmajaya, Jumat (23 /2/24).

Upaya untuk mengetahui karakter murid, guru penggerak diharapkan dapat melakukan pengajaran dengan suatu inovasi kreatif agar bisa menyamakan kepada masing-masing anak, sesuai dengan kemampuan dan bakatnya.

Sutarno, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Depok

Dengan menggunakan. Konsep Projek Penguatan Profile Pelajar Pancasila (P5) dimana masing masing mempunyai perannya bukan malah berbeda persepsi dan arena begitu luasnya P5 katanya Sutarno ekretaris Dinas Pendidikan Kota Depok kepada wartawan di sela acara Renja.

Masih katanya Sutarno mengharapkan seluruh siswa bisa menerapkan program P5 yaitu, Pancasila dengan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa YME, berkebhinekaan, gotong royong berpikir kritis.

Pembelajaran sesuai dengan Kurikulum yang diarahkan dalam bentuk kemerdekaan belajar, sebagaimana ketahui sampai saat ini mempunyai 26 episode, tuturnya.

“Untuk mendapatkan predikat guru penggerak, sendiri harus mendapatkan sertifikat dengan menyelesaikan 10 modul.”ujarnya.

BACA JUGA :   Walikota Depok Keluarkan Surat Edaran Terkait HUT Depok Ke-23

Dimana 10 modul dengan Diklat 6 bulan dimana sebelumnya sampai 9 bulan, tambahnya.

Menyinggung tentang sekolah pengge rak dikatakan, sekolah penggerak yaitu menggerak kan bagaimana Program Merdeka Belajar dapat berjalan baik. Dengan pembelajaran pembelajaran dan materi- materi serta praktek,tandasnya.

Berdasarkan Kemendikbud ristek No.56/M/2022, dimana P5 adalah kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang diran cang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi. Juga mewujudkan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Tema P5 yang telah ditetapkan Kemendikbud untuk jenjang SD sampai SMA/SMK, antara lain
Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal,Bhinneka Tunggal Ika,Bangunlah Jiwa dan Raganya,Suara Demokrasi.
Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI dan Kewirausahaan.

P5 yaitu, pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terha dap permasalahan dilingkung an sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.(By)

baca juga

Luar Biasa, UPT PKB Dishub Kota Depok Dapat Penghargaan Akreditasi A Dari Kemenhub

Yeni

Kota Depok Masuk 10 Besar Sebagai Penerapan SPBE Terbaik di Indonesia 2022, ini kata Manto

Yeni

Warga Depok Rajin Bayar Pajak, Targetkan PAD Meningkat, ini kata Wali Kota Depok

Yeni