BIROKRASI

Jokowi : ASN Kelamaan di Zona Nyaman, Budaya Feodal Bikin Tak Produktif

ASN Harus memiliki jiwa melayani masyarakat bukan dilayani dan bukan juga minta dilayani oleh masyarakat.

SJNews.com,-Presiden Jokowi meminta Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) mampu mengajak dan mendorong seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki orientasi yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, tidak mementingkan pribadi atau kelompok.

Meski terdengar klise, Jokowi menilai orientasi tersebut penting untuk menunjukkan keseriusan ASN dalam melayani masyarakat.

“Harus memiliki jiwa melayani masyarakat bukan dilayani dan bukan justru minta dilayani oleh masyarakat.

Hal ini terlihat klise, tapi sangat penting dan mendasar karena sudah sangat lama ASN berada pada zona nyaman, terbelenggu oleh warisan budaya birokrasi feodal sehingga menjadikan ASN kurang produktif,” kata Jokowi di Munas ke-9 Korpri secara virtual, Jumat (28/1/2022).

Budaya tersebut, menurut Jokowi, harus berubah total. Ia berharap ASN Indonesia saat ini harus keluar dari zona nyaman, menjadi pelayan publik yang modern dan profesional.

“Sumber daya dan kewenangan yang diberikan negara kepada ASN harus mampu digunakan secara akuntabel. Otoritas harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat, dipergunakan untuk memberdayakan masyarakat,” tutur Jokowi.

BACA JUGA :   Kepala Disnaker Depok, Mohamad Thamrin Buka Pelatihan Keahlian Barista di Semoet Coffee and Eatery

Lebih lanjut, Jokowi menekankan, birokrasi bukan hanya harus hadir di tengah-tengah masyarakat. Namun, kehadiran birkorasi harus bisa berdampak nyata bagi masyarakat.

“Itu yang penting, memberikan solusi pada persoalan-persoalan masyarakat, sehingga melindungi, mengayomi, dan memenuhi hak-hak masyarakat sesuai dengan amanah konstitusi,” pungkasnya kepala negara. {By}

baca juga

Ade Darmansyah

Rangkaian Giat HUT Ke-103 Damkar dan Penyelamatan Kota Depok Gelar Aksi Bagi-Bagi Paket Prokes

Ade Darmansyah

Musrenbang Kecamatan Cilodong Dihadiri Anggota DPRD Depok Dapil Tapos – Cilodong

Ade Darmansyah