PERISTIWA

Gempa Magnitudo 6,7 Mencengkam, Bikin Warga Panik Berhamburan Cari Perlindungan

SJNews com,-Belum usai bencana alam Gunung Semeru, Issu Virus Corona dan Amricon kini muncul Gempa Magnitude 6,7 di Banten

Rapat Majlis Taklim di Balai Wartawan Pemkot Depok saat menggelar Pengajian Bulanan pun keluar gedung, Jumat (14/1/2022).

Tak hanya itu, tampak para ASN dan pengunjung berlarian berhamburan menyelamatkan diri mencari tempat perlindungan.

Gempa yang terjadi selama beberapa detik di wilayah, Banten, Bogor, Depok dan Jakarta sempat mencekam be beberapa detik.

Seperti di kutip, ditempat terpisah warga di Perumahan Dasana Indah, Rw 026, Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten juga berhamburan ke luar rumah seraya berteriak-teriak: Gempa.

Sebagian besar warga berdiri di depan rumah, cari selamat. Sementara guncangan bumi yang terjadi sekitar pukul 16.05 WIB berlangsung kurang lebih dari semenit. Begitu kuatnya gempa, menurut catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Gempa berkekuatan magnitude 6,7, menggoyang tiang listrik dan telepon, serta lampu gantung penerangan jalan.

“Alhamdulilah, tak ada rumah yang rusak. Kecuali pot Bunga yang di letakan di pagar rumah bagian atas, jatuh berantakan,” jelas Bunda Fisca, salah satu warga yang  panik digoyang gempa.

Kepanikan serupa juga terjadi di gedung pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, atau biasa disebut Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Pada jam yang sama, ratusan karyawan serta warga lain yang kebetulan di sana, berhamburan ke luar. Saling tabrak satu sama lain, cari perlindungan ke tanah lapang. Wajah mereka pucat pasih.

BACA JUGA :   Berantas Mafia Tanah, Mantan Anggota MPR Korban Mafia Tanah Minta Perlindungan Kapolri

“Untung saya belum sempat naik lift. Kalau sudah, gak kebayang di dalam lift digoyang-goyang. Terus jika talinya putus, wuih, matiii…, saya,” gumam Winda, salah satu karyawan, ketakutan. Tangan kanan masih memegang dua sepatu yang memang sengaja di lepas, nampak masih gemetar.

Gempa bukan hanya dirasakan warga Tangerang dan Jakarta saja, tapi juga hampir di seluruh wilayah Jabodetabek merasakan getaran yang begitu kencangnya selama lebih dari semenit.

dirasakan oleh sejumlah warga di Jabodetabek pada Jumat (14/1/2022) sekitar pukul 16.05 WIB. Gempa terasa cukup besar selama beberapa menit.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengonfirmasi aktivitas gempa sore ini. BMKG menyebutkan, gempa berkekuatan magnitudo 6,7 terjadi pada pukul 16.05.41 WIB.

Menurut BMKG, sumber gempa berasal dari 52 kilometer barat daya di Daerah Sumur, Banten, dengan kedalaman 10 kilometer. Meski terbilang besar, tapi tidak berpotensi tsunami (**)

baca juga

Polres Bekasi Ini Mulai Lakukan Vaksi Booster untuk 1.592 Personel

Ade Darmansyah

Hak Pemilik Lahan Akan Mendapat Penyelsaian oleh ITDC

Ade Darmansyah

Berantas Mafia Tanah, Mantan Anggota MPR Korban Mafia Tanah Minta Perlindungan Kapolri

Ade Darmansyah